July 15, 2024

InfoAlima

Portal berita online

“Taruna Dara Kukar 2024: Menyulut Semangat Budaya di Tengah Gemuruh IKN”

1 min read

Suasana malam unjuk bakat 24 finalis Taruna Dara 2024

Infoalima.com, TENGGARONG – Di bawah gemerlap lampu Taman Titik Nol Tenggarong, 24 finalis Taruna Dara Kutai Kartanegara (Kukar) 2024 tampil memukau, Rabu (5/6/2024). Mereka bukan hanya berkompetisi untuk meraih gelar, tetapi juga berjuang untuk mempertahankan identitas budaya di tengah gempita pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Sugiarto, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kukar, mengungkapkan bahwa acara ini merupakan langkah strategis dalam upaya pelestarian budaya.

“Acara ini adalah sarana bagi generasi muda untuk mengekspresikan dan mengasah bakat mereka, sekaligus menjaga warisan budaya Kukar,” ujar Sugiarto.

Dengan munculnya IKN di Kalimantan Timur, tantangan untuk memelihara budaya lokal menjadi semakin besar.

“Kita harus berupaya agar budaya kita tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang seiring dengan pertumbuhan penduduk dan perubahan sosial yang dibawa oleh IKN,” tegas Sugiarto.

Dispar Kukar berkomitmen untuk tidak hanya memfasilitasi, tetapi juga aktif mempromosikan budaya lokal.

“Kami ingin para finalis ini nantinya bisa menjadi duta yang memperkenalkan keunikan wisata dan budaya Kukar,” tambah Sugiarto.

Malam Unjuk Bakat Taruna Dara Kukar 2024 menjadi salah satu rangkaian penting dalam proses seleksi. Para finalis dinilai berdasarkan bakat, pengetahuan, dan kemampuan mereka dalam mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Kukar. Pada malam itu, mereka tidak hanya menampilkan bakat, tetapi juga berkomitmen untuk menjaga dan mengangkat budaya Kukar di mata dunia. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *