June 15, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kutai Kartanegara Bersiap untuk Festival Budaya dan Ekonomi Kerakyatan Sepanjang 2024

2 min read

Sejumlah event akan digelar di Kukar. Danau Siran di Kecamatan Muara Kaman merupakan salah satu wadah wisata di kabupaten ini.

Infoalima.com, Tenggarong – Dalam upaya memperkuat ekonomi kerakyatan dan mengentaskan kemiskinan, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengumumkan penyelenggaraan 40 event budaya dan ekonomi yang akan berlangsung sepanjang tahun 2024. Kegiatan-kegiatan ini, yang telah tercatat dalam Kalender Event 2024 Kutai Kartanegara, diharapkan akan berlangsung di seluruh penjuru Kukar, mulai dari wilayah tengah, hulu, hingga pesisir.

Dinas Pariwisata Kukar akan berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk Kekraf Kukar, sektor bisnis, pelaku UMKM, serta seniman dan budayawan, untuk menjamin suksesnya event-event tersebut. Kegiatan ini adalah bagian dari Program Kukar Kaya Festival, yang merupakan salah satu visi utama masa kepemimpinan Edi Damansyah sebagai Bupati dan Rendi Solihin sebagai Wakil Bupati, dan telah diintegrasikan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar untuk periode 2021-2026.

“Dalam program ini selama 2021-2026 akan ada 100 festival dan event yang diselenggarakan. Kami juga berharap dapat menambah anggaran di APBD Perubahan jika diperlukan untuk memperkuat event di K3F,” ujar Triyatma, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar.

Event dan festival ini tidak hanya bertujuan untuk memeriahkan kalender budaya daerah tetapi juga memiliki misi sosial dan ekonomi yang kuat. Menurut Triyatma, penyelenggaraan event dan festival ini selaras dengan tujuan pemerintah daerah dalam mengurangi kemiskinan dan memperkuat ekonomi rakyat.

“Kami berharap event-event ini akan meningkatkan jumlah wisatawan, mengisi homestay dan hotel, serta memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM dan seniman, baik lokal maupun dari ibu kota,” tambahnya.

Dari 40 event yang terdaftar, beberapa di antaranya yang telah sukses diselenggarakan termasuk Peringatan Peristiwa Merah Putih, Festival Ogoh-ogoh, Pesta Laut Pesisir, Milenial Hijrah Festival, Kukar Land Festival, dan Festival Budaya Kutai Adat Lawas.

Dalam waktu dekat, Pemkab Kukar bersama Dispar Kukar akan menggelar serangkaian acara seperti KFBN, Erau Sabintulung, Festival Danau Semayang, Festival Kota Raja, Erau Adat Kutai, dan Tenggarong Kutai Carnival. “Beberapa event telah berlangsung, sementara yang lain masih dalam tahap persiapan,” pungkas Triyatma. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *