June 14, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Penguatan Jaringan Internet di Desa-desa Kukar Prioritas DPMD

1 min read

Ilustrasi Menara BTS.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) menegaskan prioritasnya dalam memperkuat jaringan internet di desa-desa, khususnya yang berada di wilayah terpencil dan mengalami kesulitan akses jaringan, dikenal sebagai ‘Blankspot’. Inisiatif ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap desa dapat menikmati manfaat digitalisasi.

Kepala DPMD Kukar, Arianto, menyampaikan bahwa akses internet yang merata adalah fondasi penting untuk pembangunan desa. “Kami terus berupaya keras untuk menghadirkan konektivitas internet di setiap desa, karena ini akan mendukung berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan dan ekonomi,” ucap Arianto.

Arianto mengakui adanya beberapa menara BTS yang telah dibangun namun tidak berfungsi optimal karena kerusakan. “Kami akan segera memperbaiki menara-menara yang rusak tersebut agar jaringan internet dapat berfungsi dengan baik,” tambahnya.

DPMD Kukar menghadapi tantangan geografis dalam memperluas jaringan internet, terutama di desa-desa yang sulit dijangkau. “Kami sedang mencari solusi inovatif untuk mengatasi kendala geografis ini, termasuk kolaborasi dengan pemerintah desa,” kata Arianto.

Dengan peningkatan konektivitas internet, DPMD Kukar berambisi untuk mengurangi kesenjangan digital dan mempercepat proses pembangunan di desa-desa. “Kami yakin bahwa dengan konektivitas yang lebih baik, desa-desa di Kukar akan mengalami transformasi sosial dan ekonomi yang signifikan,” tutur Arianto dengan penuh harapan.

Inisiatif DPMD Kukar ini diharapkan akan membawa dampak positif yang luas, tidak hanya dalam mengurangi kesenjangan digital tetapi juga dalam mendorong pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan di seluruh desa di wilayah Kukar. (ADV/DPMD KUKAR)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *