June 22, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Danau 10 Nusa: Upaya Muara Wis Membangun Pariwisata Berkelanjutan

2 min read

Pesona Danau 10 Nusa

Infoalima.com, TENGGARONG – Di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, sebuah narasi pembangunan berkelanjutan sedang digarap. Pemerintah Desa Muara Wis tengah menyiapkan sumber daya manusia lokal untuk mengelola Danau 10 Nusa, dengan harapan menjadikannya sebagai model pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan objek wisata.

Kepala Desa Muara Wis, Kasmir, mengungkapkan bahwa Danau 10 Nusa, yang dikelilingi pulau-pulau kecil, memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi wisata alam yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga memberikan nilai edukatif dan konservasi.

“Kami bertekad untuk meningkatkan kapasitas SDM lokal agar pengelolaan Danau 10 Nusa dapat berjalan dengan baik dan berkelanjutan. Ini adalah langkah kami untuk memastikan bahwa pariwisata dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat,” ujar Kasmir, Rabu (29/5/2024).

Pemdes Muara Wis telah mengalokasikan dana sebesar Rp 20 juta pada tahun 2023 untuk mendukung pengembangan Danau 10 Nusa. Langkah ini merupakan bagian dari upaya pembinaan yang dilakukan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Muara Wis, yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mengelola wisata dengan standar profesional.

Dispar Kaltim juga dilibatkan dalam pembicaraan terkait konsep pengembangan Danau 10 Nusa. Rencana pemberian nama unik untuk pulau-pulau kecil di sekitar danau diharapkan dapat menambah daya tarik dan memberikan identitas yang lebih kuat kepada destinasi ini.

Danau 10 Nusa menawarkan pesona alam yang memanjakan mata, mulai dari panorama matahari terbit dan tenggelam yang memukau hingga kesempatan berpetualang di pulau-pulau kecil. Ke depannya, lokasi ini juga berpotensi menjadi tempat berkemah dan memancing yang diminati wisatawan.

“Dengan pembukaan Danau 10 Nusa sebagai destinasi wisata baru, kami optimis dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar. Khususnya melalui sektor transportasi, karena akses menuju lokasi yang unik menggunakan perahu akan menjadi pengalaman tersendiri bagi pengunjung,” ungkap Kasmir.

Inisiatif Pemdes Muara Wis ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam menggerakkan pariwisata berkelanjutan yang tidak hanya menguntungkan secara ekonomi, tetapi juga memperkaya nilai-nilai budaya dan pelestarian lingkungan. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *