June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Festival Kampong Seraong Ke-4: Pesta Budaya yang Menggema dari Jembayan Tengah

2 min read

Suasana Festival Kampong Seraung tahun lalu

Infoalima.com, TENGGARONG – Di tengah riuhnya perayaan Hari Ulang Tahun Desa Jembayan Tengah yang ke-18, Festival Kampong Seraong Ke-4 siap mengukir cerita. Festival yang akan berlangsung dari 5 hingga 10 Juni 2024 ini, tidak hanya menjadi simbol kemeriahan, tetapi juga wujud nyata dari upaya pelestarian budaya dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara.

Rangkaian acara yang telah direncanakan menjanjikan sebuah pengalaman yang kaya akan nuansa budaya. Mulai dari pentas kesenian yang memukau, pawai yang menggambarkan keragaman adat, perlombaan yang mengasah kreativitas, hingga bazar kuliner yang menghadirkan kekayaan rasa lokal. Festival ini juga akan dimeriahkan dengan pertunjukan Seni Adat Seraung dan Topeng Pantul, yang merupakan inti dari kebudayaan Desa Jembayan Tengah.

Antoni Kusbiantoro, Kabid Pembinaan Industri Pariwisata Dispar Kukar, menegaskan pentingnya festival ini bagi komunitas lokal.

“Festival ini adalah sarana untuk merayakan, melestarikan, dan sekaligus mengangkat ekonomi masyarakat,” ujar Antoni Selasa (28/5/2024).

Dukungan dari Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara termanifestasi dalam bentuk bantuan perlengkapan, panggung, dan pertunjukan kesenian. Festival ini diharapkan dapat menambah daftar atraksi wisata di Kutai Kartanegara dan memberikan dorongan bagi perekonomian desa.

“Kami berambisi untuk mengadakan lebih banyak festival yang serupa, khususnya di daerah dengan kekayaan budaya yang mendalam,” tambah Antoni.

Festival Kampong Seraong Ke-4 tidak hanya menjadi ajang bagi masyarakat untuk mengekspresikan identitas budaya mereka, tetapi juga menjadi platform bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk memperkenalkan produk mereka kepada khalayak yang lebih luas, membuka peluang baru dalam perekonomian desa.

Bagi Anda yang tertarik untuk menyaksikan dan menjadi bagian dari Festival Kampong Seraong Ke-4, serta ikut serta dalam perayaan HUT Desa Jembayan Tengah, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Desa Jembayan Tengah pada tanggal yang telah ditentukan. Anda akan disambut dengan berbagai acara yang menarik dan keramahan warga desa yang siap membuat pengalaman Anda tak terlupakan. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *