June 14, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kukar Genjot Kebersihan Objek Wisata Demi Pariwisata Berkelanjutan

1 min read

Komunitas peduli sampah membersihkan salah satu objek wisata di Kukar

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) kini tengah memacu inisiatif kebersihan di objek wisata sebagai langkah strategis untuk meningkatkan daya tarik wisatawan dan memastikan kelestarian lingkungan. Kebersihan menjadi fokus utama yang diharapkan dapat mengubah wajah pariwisata Kukar menjadi lebih bersih dan lestari.

Ridha Fatrianta, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dispar Kukar, menegaskan bahwa kebersihan adalah elemen vital dalam pengelolaan objek wisata.

“Kebersihan bukan hanya soal estetika, tetapi juga soal tanggung jawab sosial untuk menjaga lingkungan,” ujar Ridha, Senin (27/5/2024).

Beliau menyoroti bahwa masih ada objek wisata di Kukar yang kebersihannya perlu ditingkatkan. Ini menjadi tantangan yang harus dijawab dengan peningkatan kesadaran dan kerjasama antara pengelola dan pengunjung.

“Pengelola harus lebih giat dalam menjaga fasilitas dan kebersihan, sementara pengunjung juga harus berkontribusi dengan membuang sampah pada tempatnya,” tegas Ridha.

Dispar Kukar berambisi untuk terus mengkampanyekan kebersihan di setiap destinasi wisata. Dengan standar kebersihan yang ditingkatkan, diharapkan objek wisata di Kukar akan menjadi lebih menarik dan berkelanjutan, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada peningkatan pendapatan daerah.

Ridha mengakhiri dengan harapan akan adanya peningkatan kesadaran dan kerjasama dari semua pihak.

“Kami optimis, dengan kerjasama yang baik antara pengelola, pengunjung, dan pemerintah, kita dapat menciptakan destinasi wisata yang bersih dan lestari,” pungkasnya.

Dengan langkah-langkah yang telah direncanakan, Kukar berambisi menjadi contoh daerah yang berhasil dalam mengembangkan pariwisata yang bertanggung jawab. Kebersihan menjadi tanggung jawab bersama, dan Kukar mengajak semua pihak untuk menjadi bagian dari gerakan positif ini. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *