June 14, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Festival Islami Kukar: Harmonisasi Budaya dan Ekonomi UMKM

2 min read

Festival Islami di Halaman Parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong

Infoalima.com, TENGGARONG – Dalam nuansa bulan Mei yang penuh warna, Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Dispar Kukar) menggelar Festival Islami. Acara yang berlangsung dari 15 hingga 18 Mei 2024 di Halaman Parkir Stadion Rondong Demang Tenggarong ini, tidak hanya menjadi ajang perlombaan yang mengusung tema-tema Islam, tetapi juga sebagai panggung bagi pelaku UMKM untuk memamerkan produk-produk unggulan mereka.

Sugiarto, Plt Kepala Dispar Kukar, menuturkan bahwa festival ini merupakan upaya untuk membangkitkan semangat generasi muda dalam menggali dan mengembangkan nilai-nilai Islam.

“Ini adalah kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan potensi dan kreativitas dalam berbagai kegiatan yang kami sediakan,” ujar Sugiarto, Rabu (15/5/2024).

Festival ini juga diisi dengan berbagai lomba yang bernuansa Islam, seperti mewarnai, Habsyi, Adzan, dan Fashion Show Muslim dan Muslimah. Tak ketinggalan, bazaar UMKM yang digelar menjadi daya tarik tersendiri, menawarkan berbagai produk dari pelaku usaha lokal.

“Kami berharap festival ini dapat menjadi wadah untuk memperkuat ekonomi kerakyatan, khususnya bagi UMKM,” tambah Sugiarto.

Acara puncak festival akan dimeriahkan oleh penampilan Habib Alwi Assegaf, Haddad Alwi feat Senandung, dan komedian Yoga PNS, Juara 1 Comedy Academy.

Akhmad Taufik Hidayat, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, menyampaikan apresiasi kepada panitia yang telah bekerja keras dalam menyelenggarakan festival ini.

“Semoga kegiatan ini dapat berlanjut dan berkembang di masa mendatang,” harap Hidayat.

Festival Islami Kukar ini merupakan bagian dari upaya Dispar Kukar untuk memeriahkan daerah dan mendukung potensi lokal. Program lain yang juga menjadi fokus adalah Kutai Kartanegara Kaya Festival (K3F), Gerakan Etam Mengaji Idaman (GEMA IDAMAN), dan Kukar Kreatif Idaman, yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kutai Kartanegara. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *