June 14, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Sinergi Pariwisata Kukar: Pokdarwis Kabupaten sebagai Pemersatu Visi

1 min read

Sugiarto, Plt Kepala Dispar Kukar

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Kukar) tengah mempersiapkan langkah strategis untuk memperkuat struktur pariwisata daerah dengan rencana pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) tingkat kabupaten. Inisiatif ini diharapkan menjadi tonggak baru dalam membangun koordinasi yang lebih efektif dan pariwisata yang berkelanjutan.

Sugiarto, Plt Kepala Dispar Kukar, menyampaikan bahwa Pokdarwis kabupaten akan berfungsi sebagai agen perubahan yang strategis.

“Kelompok ini akan mengambil peran dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pariwisata berkelanjutan dan mengeksplorasi potensi wisata yang belum tergarap,” ujar Sugiarto, Selasa (14/5/2024).

Pokdarwis kabupaten diharapkan dapat menjadi penghubung yang kuat antara pemerintah daerah dengan Pokdarwis kecamatan dan masyarakat lokal, menciptakan sinergi dalam pengembangan dan promosi produk wisata.

“Kami akan bekerja sama untuk mengembangkan pariwisata yang tidak hanya menarik wisatawan tetapi juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat,” lanjut Sugiarto.

Namun, ada keraguan yang muncul terkait dengan efektivitas dari Pokdarwis kabupaten. Skeptisisme ini muncul karena selama ini, Pokdarwis desa beroperasi secara mandiri, dan keberadaan Pokdarwis kabupaten dikhawatirkan akan menambah birokrasi yang tidak perlu dan menghambat inovasi di tingkat desa.

Meskipun demikian, Sugiarto optimis bahwa pembentukan Pokdarwis kabupaten akan mendukung upaya Pokdarwis desa, bukan menghalanginya.

“Ini adalah langkah konkret kami untuk memfasilitasi Pokdarwis desa agar dapat berkoordinasi dan bersinergi dalam mencapai tujuan bersama,” tegas Sugiarto.

Rencana pembentukan Pokdarwis kabupaten ini merupakan bagian dari upaya Dispar Kukar untuk memperkuat fondasi pariwisata daerah. Dengan adanya koordinasi yang lebih baik dan sinergi yang lebih kuat, diharapkan pariwisata Kukar dapat berkembang menjadi lebih inklusif dan berkelanjutan, membawa dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *