June 14, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Program Rp 50 Juta Per RT di Kukar Terima Pujian, Pertimbangan Kenaikan Anggaran Dipertimbangkan

2 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, TENGGARONG – Program inovatif Rp 50 Juta Per RT yang diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada awal tahun 2022, telah mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Program yang bertujuan untuk memajukan pembangunan di tingkat Rukun Tetangga (RT) ini terus mendapat pengawasan ketat melalui kegiatan monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar.

Arianto, Kepala DPMD Kukar, menekankan komitmen pemerintah daerah dalam memastikan bahwa program tersebut memberikan dampak yang signifikan. Melalui komunikasi yang berkelanjutan dengan para ketua RT, Arianto memastikan bahwa pelaksanaan program sesuai dengan rencana dan laporan yang diterima menunjukkan hasil yang memuaskan.

Program ini telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya dalam memperbaiki infrastruktur dan fasilitas umum di lingkungan RT. Namun, beberapa ketua RT telah mengusulkan peningkatan anggaran menjadi Rp 100 Juta per RT. Mereka berpendapat bahwa dengan anggaran yang lebih besar, kegiatan pembangunan dapat dilaksanakan dengan skala yang lebih luas dan memberikan manfaat yang lebih banyak kepada warga.

Meskipun usulan ini mendapat sambutan, Arianto menegaskan bahwa kenaikan anggaran memerlukan kajian yang lebih mendalam. Pemerintah daerah harus mempertimbangkan kemampuan keuangan dan potensi dampak yang akan timbul terhadap pelayanan publik. “Kami akan mempertimbangkan kenaikan anggaran jika terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara signifikan,” ujar Arianto.

Selain itu, program ini juga menggalakkan semangat gotong-royong di antara warga untuk menangani masalah-masalah lokal seperti perbaikan jalan, jembatan, dan sistem drainase. Inisiatif swadaya ini diharapkan dapat memperkuat rasa kebersamaan dan kerjasama di antara warga.

Dengan fokus pada proyek-proyek skala kecil yang dapat ditangani secara komunal, DPMD Kukar berharap program Rp 50 Juta Per RT akan terus berjalan dan memberikan kontribusi yang berarti bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat Kutai Kartanegara. Program ini dianggap sebagai langkah penting dalam mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan daerah mereka sendiri.

“Saat ini, fokus kita adalah pada proyek-proyek skala kecil kecuali ada yang sifatnya sangat mendesak,” tutup Arianto. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *