May 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Wali Kota Samarinda Gencar Awasi Kedisiplinan Pegawai Melalui Inspeksi Tak Terduga

1 min read

Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Infoalima.com, Samarinda – Dalam upaya memperbaiki standar layanan publik, Wali Kota Samarinda, Andi Harun, mengambil langkah proaktif dengan melakukan inspeksi tak terduga di sejumlah kantor pemerintahan dan instansi layanan masyarakat. Inspeksi ini, dilaksanakan pada Senin (22/4/2024), bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kedisiplinan pegawai.

“Andi Harun menyatakan, “Inspeksi yang kami lakukan bertujuan untuk memastikan bahwa semua unit layanan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat beroperasi dengan disiplin dan efisiensi yang optimal.”

Hasil inspeksi menunjukkan beberapa ketidakdisiplinan di antara pegawai. Ada pegawai ASN dan non-ASN yang tercatat absen tanpa alasan yang jelas. Bahkan, di salah satu sekolah, lebih dari separuh dari total 78 guru tidak berada di tempat saat inspeksi berlangsung.

Namun, Puskesmas Pasundan meraih apresiasi karena kehadiran penuh pegawai dan pengelolaan administrasi yang memuaskan.

“Kami akan menggunakan hasil inspeksi ini sebagai dasar untuk mengevaluasi dan meningkatkan kedisiplinan kerja di lingkungan pemerintah kota Samarinda,” tuturnya.

Beliau menekankan bahwa kedisiplinan bukan hanya masalah sanksi atau insentif, tetapi juga tentang komitmen dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kedisiplinan adalah kunci tanggung jawab dan komitmen kita dalam melayani masyarakat,” tambahnya.

Dalam menanggapi ketidakdisiplinan, Andi Harun menekankan bahwa pendekatan pembinaan saat ini menjadi fokus utama. Namun, ia tidak menutup kemungkinan untuk menerapkan aturan yang lebih ketat terkait kehadiran dan kinerja pegawai di masa depan.

Inspeksi tak terduga ini melibatkan berbagai kantor, termasuk Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Samarinda, Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, Kecamatan Samarinda Kota, Kelurahan Sidodadi, SMP Negeri 22, Puskesmas Pasundan, dan beberapa lokasi lainnya. (Yah/Adv/DiskominfoSamarinda)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *