May 16, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Upaya Inovatif Wali Kota Samarinda, Andi Harun, dalam Menangani Kemacetan dan Banjir di Simpang Empat Pasundan

2 min read

Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Infoalima.com, Samarinda – Dalam respons terhadap tantangan kemacetan dan banjir yang terus mengganggu warga di Simpang Empat Pasundan, Wali Kota Samarinda, Andi Harun, telah mengambil langkah proaktif dengan melakukan inspeksi mendadak di lokasi pada Senin (22/4/2024). Kunjungan tersebut menjadi awal dari serangkaian tindakan yang akan dilakukan untuk menangani masalah tersebut.

“Saya ingin melihat langsung kondisi di lapangan untuk memahami permasalahan yang dihadapi oleh warga,” ujar Andi Harun.

Salah satu langkah pertama yang akan dilakukan adalah perbaikan sistem drainase sepanjang 800 meter di sisi jalan kiri, sementara pembangunan saluran air baru sepanjang 500 meter akan dilakukan di sisi kanan untuk memperbaiki aliran air.

“Kami akan memastikan agar aliran air di sisi kanan jalan dapat berjalan lancar,” tambahnya.

Selain itu, untuk mengatasi kemacetan, akan ada peninjauan ulang terhadap tata letak sekitar persimpangan, termasuk evaluasi terhadap bangunan yang berpotensi menghalangi lalu lintas, seperti area parkir pedagang nasi uduk.

“Kami akan meninjau kembali posisi bangunan yang dapat menghambat lalu lintas,” paparnya.

Namun, penyelesaian masalah ini akan melibatkan partisipasi dari masyarakat setempat. Andi Harun menekankan pentingnya dukungan dari warga dalam menjalankan proyek ini.

“Kami butuh kerja sama dari pemilik tanah karena pelaksanaan proyek ini membutuhkan keterlibatan mereka,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan solusi bagi pedagang nasi uduk untuk mengurangi dampak sosial dari proyek pembangunan ini.

“Kami juga akan memberikan alternatif desain bagi pedagang nasi uduk untuk mengurangi dampak pembangunan ini terhadap mereka,” katanya.

Meskipun masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan, langkah-langkah ini diharapkan dapat membawa perubahan positif.

“Walaupun belum dapat dipastikan bahwa masalah banjir dan kemacetan akan terselesaikan sepenuhnya pada tahun ini, namun kami optimis akan terjadi peningkatan signifikan,” tegasnya.

Dengan kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan masalah kemacetan dan banjir di Simpang Empat Pasundan dapat diatasi dengan lebih efektif.

“Kami mengharapkan dukungan penuh dari masyarakat, terutama mereka yang akan terdampak langsung oleh perbaikan jalan dan drainase. Bersama-sama, kita bisa mengatasi masalah kemacetan dan banjir di Simpang Empat Pasundan,” tandasnya. (Yah/Adv/DiskominfoSamarinda)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *