May 15, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Samarinda Menggagas ‘Pelukan Matahari’, Inisiatif Ruang Publik untuk Kemakmuran Komunal

2 min read

Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Infoalima.com, Samarinda – Samarinda mengambil langkah inovatif menuju pembangunan yang berkelanjutan dengan menggagas inisiatif ruang publik yang diberi nama ‘Pelukan Matahari’. Upacara peletakan batu pertama untuk proyek ini dipimpin oleh Wali Kota Samarinda, Andi Harun, yang berlangsung di Pasar Segiri, tak jauh dari Jembatan Nibung, pada hari Kamis, 2 Mei 2024.

Dengan dukungan finansial yang signifikan sebesar USD 800 ribu dari berbagai mitra strategis, termasuk dari sektor swasta, proyek ini menandai kemajuan penting dalam inovasi perkotaan.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada semua mitra yang telah mendukung, terutama kepada Laode M Syarif, Direktur Eksekutif Kemitraan, yang telah memberikan kontribusi krusial dalam pembiayaan proyek ini,” kata Andi Harun.

‘Pelukan Matahari’ dirancang untuk menjadi lebih dari sekedar ruang terbuka; ini merupakan simbol kerjasama internasional yang efektif dan dedikasi Samarinda terhadap standar infrastruktur yang diakui secara global.

“Ini merupakan proses pembelajaran tentang pentingnya kolaborasi dan pertumbuhan bersama, yang melibatkan seluruh warga Samarinda dari berbagai kalangan,” imbuhnya.

Inisiatif ini diharapkan dapat menjadi model bagi proyek-proyek serupa yang mengedepankan pendekatan integratif dan partisipatif, dengan tujuan meningkatkan kualitas kehidupan dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi komunitas.

Andi Harun, yang sering disapa AH, juga menekankan pentingnya menciptakan solusi yang fleksibel untuk menghadapi tantangan di wilayah yang masih berkembang, seperti di area Gunung Manggah.

“Kami berkomitmen untuk membangun komunitas yang aman, dengan desain yang unik dan menarik, yang akan menjamin kenyamanan maksimal bagi penduduk,” ujarnya.

AH menegaskan bahwa ia siap menyediakan dukungan finansial tambahan jika diperlukan, dengan prioritas utama adalah kesejahteraan warga Samarinda.

“Kami akan mengintegrasikan ide-ide ini ke dalam agenda pemerintah, dan Laode M. Syarif, yang telah mengunjungi dan memeriksa lokasi, akan memastikan proyek ini terlaksana sesuai dengan standar yang telah ditetapkan,” pungkasnya. (Yah/Adv/DiskominfoSamarinda)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *