June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Pabrik Rumput Laut Muara Badak, Harapan Baru untuk Ekonomi Kukar

2 min read

Sayid Fathullah, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar

Infoalima.com, Tenggarong – Dengan semangat membangun ekonomi berkelanjutan, Kutai Kartanegara (Kukar) menggagas pembangunan pabrik rumput laut di Kecamatan Muara Badak. Proyek yang dijadwalkan selesai pada akhir tahun 2024 ini diharapkan akan membuka lembaran baru bagi industri lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sayid Fathullah, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar, menyoroti pentingnya proyek ini bagi pertumbuhan ekonomi daerah. “Kami sedang melengkapi fasilitas penunjang untuk memastikan pabrik ini beroperasi dengan lancar,” ucap Sayid pada Jumat (19/4/2024).

Pabrik ini dirancang untuk tidak hanya meningkatkan nilai jual rumput laut tetapi juga menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi angka pengangguran. “Dengan pabrik ini, kami berharap petani rumput laut dapat memperoleh harga yang lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan mereka,” tambah Sayid.

Pemerintah Kabupaten Kukar telah mengalokasikan anggaran yang signifikan untuk pembangunan pabrik ini, termasuk Rp20 miliar untuk fasilitas penunjang dan Rp22 miliar untuk pengadaan mesin. Mesin-mesin tersebut diharapkan akan tiba pada awal tahun 2024 dan segera dioperasikan setelahnya.

Produk rumput laut akan diolah menjadi tepung atau karagenan, yang memiliki berbagai kegunaan dalam industri makanan. Disperindag Kukar juga berencana untuk mengembangkan sentra Industri Kecil Menengah (IKM) yang berkaitan dengan pengolahan rumput laut.

“Ini adalah langkah kami untuk memperkuat hilirisasi pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata, dan ekonomi kreatif,” jelas Sayid. Dengan infrastruktur yang memadai, seperti jaringan komunikasi kelompok IKM dan jaringan pasar, diharapkan industri rumput laut di Muara Badak dapat berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ekonomi Kukar.

Pembangunan pabrik rumput laut ini merupakan bagian dari visi Kukar untuk menjadi pusat industri rumput laut yang berkelanjutan dan menguntungkan, menandai langkah maju dalam upaya daerah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *