May 25, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Wali Kota Samarinda dan Bupati Morowali Utara Berbagi Strategi Sukses dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah

2 min read

Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Infoalima.com, Samarinda – Wali Kota Samarinda, Andi Harun, menyambut Bupati Morowali Utara beserta rombongan untuk sesi studi banding. Diskusi ini bertujuan untuk saling berbagi pengalaman tentang strategi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), pengembangan infrastruktur, dan perencanaan urban yang telah berhasil diterapkan di Samarinda, dalam sebuah pertemuan yang berlangsung di Ruang Anjungan Karangmumus, Balaikota Samarinda, pada 18 April 2024.

Andi Harun menyampaikan kegembiraannya dalam berbagi strategi Corporate Social Responsibility (CSR) dan pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang efektif, yang telah memberikan kontribusi besar pada kemajuan Samarinda.

“Kami sangat mengapresiasi kesempatan ini untuk berdiskusi dan bertukar pengalaman dalam hal pembangunan infrastruktur dan perencanaan kota. Kami telah membuat langkah yang signifikan dalam hal ini,” ujarnya.

Wali Kota juga menyoroti berbagai strategi yang telah diterapkan oleh Samarinda untuk meningkatkan PAD, termasuk melalui optimalisasi peran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Ia menekankan keberhasilan PDAM Samarinda, yang berhasil mencatat laba lebih dari Rp100 miliar karena peningkatan efisiensi operasional dan penyediaan air bersih.

Andi Harun juga menyoroti pentingnya transparansi dalam pemilihan pengurus BUMD, yang harus dilakukan berdasarkan kepentingan publik daripada politik.

“Kami yakin bahwa transparansi dalam pemilihan pengurus BUMD adalah kunci untuk pengelolaan yang baik,” kata Andi Harun.

Dalam berbagi inisiatif Samarinda dalam meningkatkan layanan publik dan infrastruktur, Andi Harun menegaskan dampak positifnya terhadap ekonomi lokal, khususnya bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Infrastruktur yang solid adalah pondasi bagi pertumbuhan ekonomi lokal, yang pada akhirnya akan meningkatkan PAD kami,” tambahnya.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi Bupati Morowali Utara dan rombongannya, serta menjadi sumber inspirasi bagi daerah lain di Indonesia untuk mengadopsi praktik terbaik yang telah terbukti berhasil di Samarinda. (Yah/Adv/DiskominfoSamarinda)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *