May 18, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Andi Harun Apresiasi PDAM Melangkah Menuju Visi Air Bersih Universal di Samarinda 2025

2 min read

Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Infoalima.com, Samarinda – Langkah-langkah berani diambil oleh Pemerintah Kota Samarinda dalam mewujudkan visi air bersih universal di kota ini pada tahun 2025. Dalam sebuah acara Halalbilhalal dan peringatan 50 tahun Perumda Tirta Kencana Samarinda, yang berlangsung pada Kamis, 18 April 2024, Wali Kota Samarinda, Andi Harun, mengumumkan serangkaian langkah baru yang diambil oleh PDAM Tirta Kencana.

Andi Harun memberikan penghargaan kepada PDAM Tirta Kencana atas kemajuan yang telah dicapai dalam penyediaan air bersih, sambil mengakui bahwa masih ada sejumlah tantangan yang harus diatasi, khususnya berdasarkan masukan dari masyarakat.

“Dalam upaya kami untuk mengatasi masalah air bersih, kami tengah merencanakan pembangunan instalasi pengolahan air (IPA) baru di Samarinda Utara,” ungkap Andi Harun.

Selain itu, dia menyoroti peningkatan yang signifikan dalam kinerja PDAM, baik dalam layanan maupun aspek keuangan.

“Pada tahun 2023, PDAM berhasil mencatatkan keuntungan yang besar, melebihi 600 miliar rupiah, menandakan peningkatan kualitas layanan kami,” tambahnya.

Walaupun masih ada beberapa keluhan, Andi Harun menegaskan komitmen yang kuat antara pemerintah kota dan PDAM Tirta Kencana untuk menyelesaikan masalah ini secara bertahap.

Terkait cakupan layanan air bersih, Wali Kota menyatakan bahwa saat ini mencapai 73%, dengan target meningkat hingga 100% pada tahun 2025.

“Kami optimis dapat mencapai antara 85% hingga 90% cakupan layanan tahun ini, dan kami akan terus berupaya keras untuk mencapai target 100%,” katanya.

Andi Harun juga menyoroti tantangan terbesar yang dihadapi, yaitu pendanaan, terutama untuk proyek IPA yang membutuhkan investasi yang signifikan.

“Dengan dukungan dari APBD kota dan PDAM, kami yakin dapat mengatasi tantangan finansial ini dan memberikan layanan air bersih yang lebih baik bagi semua warga Samarinda,” tandasnya.

Dengan komitmen yang kuat dari pemerintah kota dan PDAM Tirta Kencana, diharapkan layanan air bersih di Samarinda terus meningkat dan memenuhi standar yang diharapkan oleh masyarakat di masa yang akan datang. (Yah/Adv/DiskominfoSamarinda)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *