June 21, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Membangun Masa Depan Pertanian Kopi Kukar Melalui Tangan Terampil Pemuda

2 min read

Aji Ali Husni, Kepala Dispora Kukar

Infoalima.com, Tenggarong – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, tengah berbenah. Di tengah hamparan alam yang subur, sebuah gerakan pembangunan kapasitas SDM di bidang pertanian sedang digalakkan. Pemuda-pemuda di daerah ini diberikan peluang emas melalui pelatihan budidaya kopi yang diinisiasi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar.

Aji Ali Husni, Kepala Dispora Kukar, mengungkapkan optimisme terhadap program yang dijalankan. “Kami bertekad untuk mengembangkan potensi sumber daya manusia yang kami miliki. Pelatihan ini adalah salah satu upaya kami untuk memastikan bahwa sektor pertanian, khususnya kopi, dapat tumbuh dan bersaing,” ucap Aji pada Rabu (17/4/2024).

Pelatihan yang diberikan tidak hanya terfokus pada teknis budidaya, namun juga mencakup strategi pemasaran dan pembinaan kemitraan. “Kami menjalin kerjasama dengan cafe-cafe lokal yang memasukkan kopi hasil tani kami sebagai bagian dari menu mereka. Ini merupakan langkah yang mendukung bisnis lokal sekaligus meningkatkan apresiasi terhadap kopi Kukar,” jelas Aji.

Dengan pendekatan yang komprehensif, Dispora Kukar berambisi untuk meningkatkan standar kualitas kopi. “Kami memberikan pendampingan khusus karena kualitas kopi sangat tergantung pada perlakuan yang diberikan sesuai standar. Ini meliputi pemupukan, perawatan, hingga teknik panen dan pengolahan,” tambah Aji.

Tujuan dari pelatihan ini tidak hanya terbatas pada peningkatan kualitas produk, tetapi juga pada pemberdayaan petani lokal untuk mengoptimalkan potensi pertanian mereka. Keberhasilan di Jonggon dengan kebun kopi dan di Long Anai dengan produksi coklatnya menjadi contoh nyata dari potensi yang dapat diwujudkan.

Selain itu, Aji berharap pelatihan ini dapat mempersiapkan generasi muda untuk berperan aktif dalam rantai pasok pertanian, tidak hanya sebagai produsen tetapi juga sebagai bagian dari bisnis pertanian yang lebih luas. “Menjadi petani berarti lebih dari sekadar bekerja di lapangan; ini juga tentang terlibat dalam aspek bisnis pertanian yang beragam,” ujar Aji.

Semangat untuk terus maju tercermin dari kata-kata Aji saat ia menutup wawancara. “Kami akan terus mendorong inisiatif ini, tidak hanya dari segi SDM tetapi juga aspek pengembangan perkebunan untuk mengoptimalkan potensi lokal,” pungkasnya, menandai semangat baru bagi masa depan pertanian di Kukar. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *