June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Ketika Desa Embalut Raih Sukses, Mengubah Lahan Tambang Jadi Ladang Jagung

1 min read

Ilustrasi lahan jagung

Infoalima.com, Tenggarong- Desa Embalut di Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), telah menunjukkan kemampuan dalam mengubah lahan bekas tambang menjadi ladang jagung yang subur. Kepala Desa Embalut, Yahya, mengatakan bahwa penanaman jagung di lahan bekas tambang batubara itu mencapai luasan 200 hektare.

Yahya menjelaskan bahwa Desa Embalut telah melakukan empat kali panen jagung dan rencana ke depan akan membagikan bibit jagung unggul kepada petani setempat. “Kita akan coba bagikan ini kepada petani untuk diuji coba,” ujar Yahya pada Selasa (16/4/2024).

Bibit jagung yang dipesan dari luar daerah ini diklaim dapat berbuah hingga 5 sampai 6 buah per pohon. Dengan pola panen seperti ini, Yahya berharap Desa Embalut dapat meningkatkan produksi jagung tersebut.

Program ini merupakan bagian dari inisiatif Bupati Kukar untuk memberdayakan lahan pasca tambang. Yahya menegaskan bahwa Desa Embalut telah membuktikan bahwa lahan pasca tambang dapat diubah menjadi ladang yang subur dan produktif.

“Saat ini, produksi jagung di Desa Embalut masih digunakan untuk memenuhi kebutuhan lokal dan belum diekspor,” kata Yahya. Namun, ia berharap agar masyarakat dan kelompok tani di desanya tetap produktif dan bersemangat dalam meningkatkan hasil pertaniannya.

Tujuannya agar dapat menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat desa dan meningkatkan pendapatan asli desa. “Semoga produksi kita ini membawa kesejahteraan bagi masyarakat,” tutup Yahya.

Dengan demikian, Desa Embalut telah membuktikan bahwa lahan pasca tambang dapat diubah menjadi ladang yang subur dan produktif. Inisiatif ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya untuk mengembangkan potensi lahan pasca tambang mereka. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *