June 16, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kukar Pasca-Lebaran: Wisatawan Berduyun, PAD Kukar Melonjak

2 min read

Ridha Fatrianta, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Kukar

Infoalima.com, TENGGARONG – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) baru saja mengalami fenomena yang menggembirakan di sektor pariwisatanya. Setelah libur Idulfitri 1445 Hijriah, terjadi lonjakan jumlah wisatawan yang tidak hanya menggairahkan destinasi wisata lokal, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dalam periode 11 hingga 15 April, empat destinasi wisata yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Kukar telah dikunjungi oleh 21.392 wisatawan. Angka ini menandakan peningkatan yang sangat signifikan dan menjadi indikator positif bagi pemulihan ekonomi lokal pasca-pandemi.

Ridha Fatrianta, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Kukar, menyampaikan bahwa kejadian ini merupakan hasil dari upaya berkelanjutan pemerintah daerah dalam mempromosikan pariwisata.

“Kami telah bekerja keras untuk meningkatkan fasilitas dan layanan di destinasi wisata kami, dan respons ini menunjukkan bahwa upaya kami membuahkan hasil,” kata Ridha, Selasa (16/4/2024).

Destinasi wisata seperti Pantai Tanah Merah Samboja, Pulau Kumala, Waduk Panji, dan Planetarium Jagad Raya menjadi magnet bagi pengunjung. Selain itu, PAD Kukar juga mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 218 Juta dari sektor pariwisata selama periode tersebut.

Ridha juga menambahkan bahwa Dinas Pariwisata Kukar tidak akan berhenti di sini.

“Kami berencana untuk menambah berbagai atraksi baru, termasuk waterboom di Pulau Kumala, yang kami harapkan akan menarik lebih banyak pengunjung lagi,” ujarnya.

Selain itu, untuk memperkaya pengalaman wisatawan dan memberikan panggung bagi seniman lokal, Dinas Pariwisata Kukar juga berencana mengadakan pertunjukan seni dan acara budaya lainnya.

Dengan berbagai inisiatif yang telah dan akan dilaksanakan, Kukar berpotensi besar untuk menjadi salah satu destinasi wisata pilihan di Indonesia. Lonjakan kunjungan pasca-Idulfitri ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi kebangkitan pariwisata Kukar yang berkelanjutan dan inklusif.

(ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *