June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Lebaran di Desa Pela Kukar, Seribu Wisatawan Menikmati Keindahan Alam dan Budaya

2 min read

Potret Desa Pela di Kecamatan Kota Bagun. Salah satu wisata andalan Kutai Kartanegara

Infoalima.com, Tenggarong – Desa Pela, yang berada di jantung Kecamatan Kota Bangun, Kutai Kartanegara (Kukar), telah menyambut lebih dari seribu pengunjung selama libur Lebaran tahun 2024, menandakan peningkatan signifikan dalam pariwisata daerah tersebut.

Alimin, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pela, mengungkapkan kegembiraannya atas lonjakan jumlah pengunjung.  Setelah hari pertama Lebaran yang mencatat kedatangan sekitar 300 orang. “Kami sangat bersyukur atas tingginya antusiasme wisatawan. Ini adalah bukti bahwa Desa Pela telah menjadi destinasi yang diminati,” katanya pada Sabtu (13/4/2024).

Jumlah pengunjung mencapai puncaknya pada Jumat, 12 April 2024, dengan 500 orang yang memilih untuk menghabiskan waktu di Desa Pela. Alimin menambahkan, “Ini adalah rekor baru bagi kami dan kami berharap tren ini akan terus berlanjut.”

Desa Pela menawarkan akses melalui dua jalur transportasi alternatif, yaitu perahu ketinting atau perahu kelotok, yang memberikan pengalaman unik bagi pengunjung. “Kami ingin memastikan bahwa perjalanan ke Desa Pela tidak hanya mudah tetapi juga menjadi bagian dari petualangan,” kata Alimin.

Pokdarwis telah menyiapkan paket wisata yang menarik, termasuk perjalanan menyusuri Danau Semayang dan Sungai Mahakam, yang memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk melihat Pesut Mahakam, mamalia air tawar yang langka. Tarif yang ditawarkan sangat terjangkau, dengan Rp 400 ribu untuk perjalanan perahu ketinting dan Rp 200 ribu untuk pengguna sepeda motor yang menggunakan kapal feri.

Selain itu, Desa Pela juga menyediakan homestay dengan tarif Rp 200 ribu per orang, yang sudah termasuk makan tiga kali sehari. “Kami ingin pengunjung merasa seperti di rumah sendiri dan menikmati keramahan penduduk lokal,” ungkap Alimin.

Setelah menikmati perjalanan di sungai, wisatawan juga dapat mengunjungi museum nelayan dan pusat edukasi mamalia air tawar, yang menambah nilai edukatif dari kunjungan mereka ke Desa Pela.

Kunjungan wisatawan yang meningkat dan dukungan finansial yang solid menandakan masa depan yang cerah bagi Desa Pela sebagai destinasi wisata unggulan di Kalimantan Timur. Dengan dukungan dana sebesar Rp 1 miliar dari Pemkab Kukar, Desa Pela kini bersiap untuk meningkatkan fasilitas dan infrastruktur wisata. “Dana ini akan

kami gunakan untuk membangun jalan baru, gerbang selamat datang, dan gazebo, yang semuanya dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengunjung,” jelas Alimin. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *