June 14, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Wisatawan Kukar Meningkat Signifikan, Pantai Tanah Merah Jadi Favorit

1 min read

Potret Pulau Kumala

Infoalima.com, Tenggarong – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) di Kalimantan Timur menjadi salah satu destinasi wisata yang paling populer selama cuti lebaran. Buktinya, kunjungan wisatawan ke empat destinasi wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar melalui Dinas Pariwisata (Dispar) mencapai 21.392 orang.

Ridha Fatrianta, Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kukar, mengatakan bahwa kunjungan wisatawan ini meningkat jauh dari tahun lalu. “Meningkat jauh dari tahun lalu,” ujarnya pada Jumat (12/4/2024).

Empat destinasi wisata yang dikelola Dispar Kukar adalah Pantai Tanah Merah Samboja, Pulau Kumala, Waduk Panji, serta Planetarium Jagad Raya di Tenggarong. Selama cuti lebaran, Dispar Kukar berhasil menyumbang Rp 218 juta ke Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Ridha juga mengungkapkan bahwa antusias tinggi masyarakat berwisata ke Kukar ini mendorong Dispar untuk terus melengkapi sarana dan prasarana serta fasilitas. Salah satunya adalah rencana pembangunan waterboom di Pulau Kumala.

“Dalam waktu dekat ini kita juga berencana melaksanakan event di tempat wisata yang kita kelola seperti tampilan seni. Tujuannya untuk mewadahi pelaku seni, jadi selain promosi juga menyalurkan bakat seni mereka,” tutup Ridha.

Dengan adanya peningkatan kunjungan wisatawan ini, Pemkab Kukar berharap dapat meningkatkan pendapatan daerah dan membantu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *