June 21, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Regenerasi Petani Muda Kukar, Kunci Lumbung Pangan IKN

2 min read

Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni

Infoalima.com, Tenggarong- Menghadapi tantangan regenerasi petani yang krusial bagi masa depan pertanian, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Kartanegara (Kukar) meluncurkan program-program inovatif untuk menarik generasi muda ke sektor pertanian. Inisiatif ini dianggap penting untuk mendukung Kukar sebagai lumbung pangan bagi Ibu Kota Nusantara (IKN), terutama karena mayoritas petani saat ini merupakan generasi tua

Dalam upaya mempercepat regenerasi Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pertanian, Dispora Kukar telah menyiapkan serangkaian program yang dirancang untuk membangkitkan minat anak muda. “Kami sudah menyiapkan beberapa program serta menyerahkan bantuan untuk menunjang produktivitas petani muda,” ujar Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni, pada Sabtu (6/4/2024).

Program ini mencakup pelatihan, sosialisasi, dan bantuan alat untuk mendukung petani muda.

Meskipun jumlah anak muda yang tertarik pada usaha pertanian masih terbatas, Dispora Kukar berkomitmen untuk terus mendukung petani milenial. “Dari tahun lalu kita sudah salurkan bantuan untuk petani muda di lima desa di Kecamatan Muara Badak, Marangkayu, dan Anggana,” tambah Aji Ali Husni, menunjukkan upaya nyata pemerintah daerah dalam mendukung regenerasi petani.

Dispora Kukar juga berencana melakukan pelatihan dan sosialisasi bagi pemuda, untuk memotivasi mereka agar mau menggeluti bidang usaha di sektor pertanian. Aji Ali Husni menegaskan bahwa sektor pertanian merupakan bidang usaha yang sangat mampu diandalkan dan cukup menjanjikan apabila ditekuni dengan serius. “Sektor pertanian sudah berkembang sangat pesat, sehingga petani tidak lagi identik dengan lumpur dan kotor-kotoran,” ujarnya, menandai perubahan paradigma dalam pertanian modern.

Dispora Kukar terus menginventarisir kebutuhan dan melakukan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) di tingkat kecamatan untuk mengidentifikasi dan mengalokasikan anggaran yang sesuai. “Sejauh ini kami masih menginventarisir, ada juga musrenbang di kecamatan. Jika ada, kami akan menganggarkannya,” pungkas Aji Ali Husni, menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung petani muda.

Dengan langkah-langkah strategis ini, Dispora Kukar berharap dapat menciptakan generasi petani muda yang tangguh dan inovatif, yang akan menjadi tulang punggung sektor pertanian di Kutai Kartanegara dan mendukung visi wilayah sebagai lumbung pangan bagi IKN. Inisiatif ini tidak hanya menjamin kelanjutan sektor pertanian tetapi juga membuka peluang bagi pemuda untuk berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan ekonomi lokal. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *