June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Generasi Muda Kukar Mengaji, Menyemai Benih Spiritual di Bulan Ramadan

2 min read

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah

Infoalima.com, Tenggarong – Di penghujung bulan suci Ramadan 1445 Hijriah, suasana kebersamaan dan semangat keagamaan terasa begitu kental di Halaman Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Ratusan pelajar dari berbagai sekolah di Tenggarong, Kutai Kartanegara, berkumpul untuk mengikuti Gerakan Etam Mengaji (GEMA), sebuah inisiatif Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) untuk membumikan Al-Quran di kalangan generasi muda.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang pembelajaran baca tulis Al-Quran tetapi juga sebagai wadah untuk mengimplementasikan nilai-nilai Qur’ani dalam kehidupan sehari-hari. Bupati Kukar, Edi Damansyah, menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan ini. “Ini adalah motivasi bagi putra-putri di Kukar untuk giat belajar dan mengamalkan Al-Quran,” ucap Edi dalam sambutannya pada Senin (1/4/2024).

Pemkab Kukar telah menginisiasi program GEMA Idaman, yang telah mendapatkan persetujuan DPRD Kukar dan diresmikan dalam Peraturan Daerah nomor 4/2021. Program ini bertujuan untuk terus memberikan dorongan dan motivasi dalam pembelajaran Tilawatil Quran, khususnya di lembaga pendidikan yang berada di bawah kewenangan Pemkab Kukar.

Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kukar, yang aktif dalam pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kalimantan Timur (Kaltim), telah berhasil membawa Kukar menjadi juara selama lima tahun berturut-turut. Ini merupakan bukti keberhasilan dari program GEMA Idaman yang telah berjalan selama ini.

“Kegiatan ini dapat menciptakan SDM yang Qur’ani dan membawa kebaikan serta rahmat Allah untuk Kukar. Kita berencana untuk melaksanakan kegiatan ini secara berkala, tidak hanya di bulan Ramadan,” harap Edi.

Dengan adanya GEMA, diharapkan generasi muda Kukar akan tumbuh menjadi individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga kaya secara spiritual. Gerakan ini merupakan langkah penting dalam membangun fondasi yang kuat bagi pembangunan karakter dan moralitas generasi penerus bangsa.

Kukar berkomitmen untuk terus mengembangkan program ini, agar nilai-nilai Al-Quran semakin meresap dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Dengan semangat yang dibawa oleh GEMA, masa depan spiritualitas di Kukar tampak cerah, menjanjikan generasi yang berilmu dan berakhlak mulia. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *