June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Muara Enggelam Ubah Pohon Tua Menjadi Homestay, Tarik Wisatawan dengan Pesona Alam

1 min read

Potret Muara Enggelam

Infoalima.com, Tenggarong – Inovasi terbaru datang dari Pemerintah Desa Muara Enggelam yang mengambil langkah kreatif untuk mengembangkan pariwisata berbasis alam. Dengan mengkonversi pohon-pohon tua menjadi homestay, desa ini berharap dapat menarik lebih banyak wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam.

Kepala Desa Muara Enggelam, Madi, mengungkapkan bahwa konsep homestay ini akan mengacu pada keindahan alam desa. “Kami berencana memanfaatkan pohon-pohon bersejarah di desa kami sebagai homestay. Ini adalah cara kami untuk memberikan pengalaman menginap yang unik bagi para wisatawan,” ujar Madi pada Sabtu (30/3/2024).

Selain homestay di pohon, desa juga merencanakan pembangunan penginapan terapung sebagai daya tarik tambahan. “Kami ingin menawarkan pengalaman menikmati kehidupan di atas air,” tambah Madi. Ia yakin bahwa kedatangan wisatawan akan membawa peningkatan pendapatan bagi masyarakat setempat dan desa secara keseluruhan.

Namun, Madi menekankan bahwa pengembangan pariwisata tidak akan mengabaikan pelestarian lingkungan. “Kami akan memastikan bahwa aktivitas wisata tidak merusak ekosistem lokal,” tegasnya. Desa Muara Enggelam berencana untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pihak swasta untuk mewujudkan visi pariwisata berkelanjutan ini.

“Kami berharap pemerintah setempat dapat mendukung usaha kami dalam mengembangkan sektor pariwisata,” harap Madi. Ia juga mengajak masyarakat setempat untuk berpartisipasi dalam pembangunan sektor pariwisata, yang diharapkan dapat membantu perkembangan ekonomi masyarakat lokal.

Inisiatif Muara Enggelam ini diharapkan dapat menjadi model bagi desa-desa lain dalam mengembangkan pariwisata yang berkelanjutan dan menguntungkan bagi masyarakat setempat. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *