June 16, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Samboja Barat Siap Jadi Destinasi Wisata Andalan IKN Nusantara dengan 10 Objek Unggulan

2 min read

Potret Kawasan wisata Batu Dinding di Samboja Barat

Infoalima.com, Tenggarong- Menyambut IKN Nusantara, Kecamatan Samboja Barat di Kalimantan Timur bersiap menjadi destinasi wisata andalan dengan menghadirkan 10 objek wisata unggulan.

Camat Samboja Barat, Burhanuddin, optimis bahwa potensi wisata di wilayahnya akan menarik wisatawan yang berkunjung ke IKN Nusantara.

“IKN pasti membutuhkan wisata, kami sambut itu karena kami punya objek wisata andalan,” tutur Burhanuddin pada Jumat (29/3/2024).

10 objek wisata yang disiapkan Samboja Barat antara lain: Pemancingan Widuri, Batu Dinding, Lamin Etam Ambors, Air terjun, Borneo Orang utan Survival (BOS), Ambalat Garden, Ambarawa Resolt, Bukit Bengkirai, Danau Biru dan Pantai Ambalat.

“Masih ada tujuh objek wisata lagi, cuma belum digarap atau dikelola,” imbuh Burhanuddin.

Upaya promosi gencar dilakukan melalui media sosial kecamatan, seperti akun Instagram si Patin Sambar (Pusat Informasi Wisata Sambar).

Meski informasi yang disajikan masih belum lengkap, Burhanuddin memastikan data-data seperti jarak tempuh, fasilitas pendukung, hingga pusat oleh-oleh akan dilengkapi dalam waktu dekat.

“Jika objek wisata maju, pemberdayaan masyarakat akan muncul dengan sendirinya,” yakin Burhanuddin.

Keuntungan lain Samboja Barat adalah lokasinya yang strategis, tak jauh dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan dan Pelabuhan Besar Kukar.

“Kami yakini daerah kami akan semakin lebih maju,” harapnya.

Pembenahan sektor pariwisata di Samboja Barat diharapkan dapat menjadi salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat dan sekaligus mendukung perkembangan IKN Nusantara.

Pengembangan wisata di Samboja Barat juga diharapkan dapat melestarikan budaya lokal dan menjaga kelestarian alam sekitar. Dengan demikian, Samboja Barat dapat menjadi destinasi wisata yang tidak hanya menarik, tetapi juga bertanggung jawab.

Langkah maju Samboja Barat dalam mengembangkan sektor pariwisata patut diapresiasi. Keberhasilannya dalam menarik wisatawan akan berdampak positif pada perekonomian lokal dan mendukung kemajuan IKN Nusantara.

(ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *