May 20, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kota Bangun Darat Gelontorkan Rp46 Miliar untuk Pembangunan Infrastruktur Vital

2 min read

Ilustrasi sejumlah jalur di Kutai Kartanegara masuk dalam program semenisasi.

Infoalima.com, Tenggarong – Kecamatan Kota Bangun Darat, Kabupaten Kutai Kartanegara menunjukkan komitmennya dalam mempercepat pembangunan infrastruktur pasca pemekaran wilayah tahun lalu. Sebagai langkah awal pemerintah kecamatan telah mengalokasikan dana sebesar Rp46 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk proyek semenisasi jalan yang strategis menuju kantor kecamatan pada awal 2024 ini.

“Alhamdulillah, tahun ini kita memiliki anggaran yang cukup untuk memulai semenisasi jalan poros yang vital bagi aksesibilitas warga,” ujar Camat Kota Bangun Darat, Julkifli pada Selasa (26/3/2024).

Proyek ini akan mencakup pembangunan jalan sepanjang 10 kilometer yang melintasi desa-desa Sukabumi, Sedulang, Kedang Ipil, dan Wonosari, dengan tujuan mempermudah akses bagi masyarakat di wilayah Kota Bangun I, II, dan III. Proses lelang telah rampung, dan kontraktor yang akan melaksanakan semenisasi telah ditetapkan.

“Pengerjaan semenisasi ini akan berjalan beriringan dengan pembangunan kantor kecamatan baru yang terletak di lahan seluas 2,75 hektare, dengan anggaran yang telah disiapkan sebesar Rp17 miliar,” terangnya lagi.

Pembangunan jalan ini merupakan bagian integral dari program pemerataan pembangunan yang diusung oleh pemerintah daerah. Lokasi semenisasi berada di jantung ibu kota Kecamatan Kota Bangun Darat, yaitu Desa Kedang Ipil, yang diharapkan dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dan sosial baru. Informasi dihimpun media ini bahwa ada dua jembatan yang direncanakan untuk dibangun, yang akan memudahkan pengendara menuju Desa Kedang Ipil.

“Bina Marga, Dinas PU Kukar, akan memprioritaskan pembangunan jembatan pertama dengan panjang 30 meter,” sebutnya.

Pembangunan jembatan ini dianggap krusial, tidak hanya untuk mendukung pengangkutan material, tetapi juga sebagai prasyarat untuk memulai semenisasi jalan sepanjang 1,9 km yang terletak di antara kedua jembatan. Camat Julkifli mengungkapkan optimisme dan harapannya terhadap proyek ini.

“Kami berharap pembangunan jalan dan kantor camat, serta infrastruktur pendukung lainnya, dapat berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti,” ujarnya.

Dengan adanya inisiatif pembangunan ini, Kecamatan Kota Bangun Darat berambisi untuk tidak hanya meningkatkan kualitas hidup warganya, tetapi juga untuk menarik investasi dan memacu pertumbuhan ekonomi lokal.

“Langkah ini diharapkan dapat menjadi momentum penting dalam sejarah pembangunan kecamatan yang baru saja berdiri secara definitif, menandai era baru kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *