May 24, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Peralatan Canggih Warnai Peningkatan Kesiapsiagaan Kebakaran di Sebulu

2 min read

Ilustrasi petugas memadamkan kebakaran menguasai api dengan perlatan.

Infoalima.com, Tenggarong – Kecamatan Sebulu terletak di jantung Kutai Kartanegara, kini semakin tangguh dalam menghadapi risiko kebakaran. Hal ini berkat penambahan dua unit peralatan pemadam kebakaran, yaitu satu Fire Truck dan satu Fire Boat yang diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar). Penyerahan ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Kukar untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan efektivitas penanganan kebakaran di wilayah tersebut.

Camat Sebulu, Eddy Fachrudin menyatakan kedua alat pemadam kebakaran tersebut akan memainkan peran vital dalam mempercepat respons terhadap insiden kebakaran. “Dengan adanya Fire Truck, kita bisa lebih cepat merespon kebakaran yang terjadi di daratan, sementara Fire Boat akan sangat berguna untuk menjangkau permukiman di bantaran sungai,” ujar Eddy pada Selasa (26/3/2024).

Eddy juga menekankan pentingnya perawatan peralatan ini. Pesan ini menunjukkan komitmen Pemkab Kukar dalam memastikan bahwa peralatan pemadam kebakaran berada dalam kondisi prima untuk melindungi warga.

“Saya berpesan agar peralatan ini dirawat dengan baik, sehingga selalu siap digunakan kapan saja diperlukan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Eddy mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam upaya pencegahan kebakaran. “Kita harus selalu waspada dan mencegah terjadinya kebakaran. Pencegahan adalah langkah terbaik yang bisa kita lakukan untuk menghindari musibah,” tuturnya. Dia menggarisbawahi pentingnya kerja sama antara pemerintah dan masyarakat dalam membangun lingkungan yang aman. Selain itu, penambahan Fire Truck dan Fire Boat ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kapasitas penanganan kebakaran di Kecamatan Sebulu, tetapi juga menumbuhkan rasa aman di kalangan masyarakat.

“Dengan peralatan canggih dan upaya preventif yang ditingkatkan, Sebulu kini lebih siap menghadapi tantangan dan memastikan bahwa keamanan warga menjadi prioritas utama,” pungkasnya.  (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *