May 25, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Mengurai Benang Kusut Pengangguran di Samarinda, Strategi Pemilihan Karir

1 min read

Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti saat diwawancarai.

Infoalima.com, Samarinda – Di tengah kondisi ekonomi yang menantang, Samarinda menghadapi masalah pengangguran yang tinggi. Sri Puji Astuti, Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, menyoroti kurangnya peluang kerja yang berkualitas dan defisit keterampilan di antara para pencari kerja sebagai penyebab utama.

“Menurut saya pilihan karir yang dibuat oleh warga Samarinda sangat menentukan. Banyak yang mengutamakan pekerjaan formal ketimbang pekerjaan di sektor informal,” tuturnya.

Puji juga mengungkapkan bahwa anak-anak muda dari keluarga yang lebih mampu sering kali kurang termotivasi untuk mencari pekerjaan karena mereka sudah mendapatkan dukungan finansial dari orang tua mereka.

“Tanpa pekerjaan pun, mereka masih bisa hidup layak berkat bantuan dari keluarga. Ini bisa jadi alasan mereka enggan mencari pekerjaan,” terang Puji.

Dalam mengatasi masalah ini, Puji, yang merupakan anggota Partai Demokrat, mengajak pemerintah untuk mengambil langkah nyata dalam mengurangi angka pengangguran. Ia menekankan pentingnya sosialisasi solusi yang tepat kepada masyarakat, khususnya bagi mereka yang berada di kelas ekonomi bawah. (Adv/DPRDSamarinda)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *