May 24, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Asa Bupati Edi Damansyah, Setiap Kecamatan Punya Masjid Besar

1 min read

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah ingin membangun masjid besar di setiap kecamatan se-Kukar.

Infoalima.com, Tenggarong – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah mengungkapkan visinya agar setiap kecamatan di Kukar memiliki masjid besar yang dapat menampung banyak jamaah dan menjadi pusat aktivitas keagamaan.

Pernyataan ini disampaikan dalam konteks bahwa masih terdapat beberapa kecamatan di Kukar yang belum memiliki masjid dengan kapasitas besar.

“Pemerintah Daerah siap mendukung pembangunan masjid besar di setiap kecamatan. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi, termasuk lahan wakaf yang tidak tumpang tindih dan memiliki akta yayasan yang jelas sesuai regulasi,” ujar Edi Damansyah pada Rabu (20/3/2024).

Edi menekankan pentingnya perencanaan dan anggaran yang terukur serta transparan, termasuk publikasi kebutuhan yang konkret dengan jangka waktu dan jumlah kebutuhan yang spesifik.

“Kami tidak bisa bekerja sendiri, diperlukan kerja sama dari semua pihak untuk mewujudkan visi ini,” tambahnya.

Menurut Edi, sinergi antara pemerintah daerah, Dewan Masjid Indonesia (DMI) kabupaten dan kecamatan, takmir masjid, serta stakeholder terkait sangat penting, terutama selama bulan Ramadan.

“Ini adalah waktu yang tepat untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam membangun masjid besar yang akan menjadi pusat kegiatan keagamaan di setiap kecamatan,” jelas Edi.

Bupati Edi juga menyoroti peran masjid yang tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat pembinaan umat Islam, tempat berkumpulnya jamaah, sarana menuntut ilmu, bertukar pengalaman, dan pusat dakwah.

“Dengan adanya masjid besar di setiap kecamatan, diharapkan akan memperkuat fungsi masjid sebagai pusat komunitas dan kegiatan keagamaan di Kukar,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *