May 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DKP Kukar Alokasikan Rp62 Miliar untuk Peningkatan Produktivitas Nelayan

2 min read

Ilustrasi nelayan menangkap ikan di laut.

Infoalima.com, Tenggarong – Dalam rangka meningkatkan produktivitas para nelayan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp62,6 miliar. Dana tersebut ditujukan untuk distribusi ribuan alat tangkap ikan kepada nelayan di kawasan tersebut.

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten dalam program pembangunan perikanan berbasis kawasan. Ali Rahman, Sub Koordinator Pengelola Produksi Perikanan Tangkap di DKP, mengungkapkan bahwa bantuan ini akan diserahkan kepada 169 kelompok nelayan yang beroperasi di sepanjang Sungai Mahakam dan wilayah pesisir Kukar.

“Seluruh bantuan itu sudah direncanakan dan segera dialokasikan pada tahun ini,” ujar Ali pada Jumat (15/3/2024).

Bantuan yang akan disalurkan meliputi 3.378 ketinting, 324 mesin diesel, 101 bodi kapal, 1.257 perahu, dan 10.740 rol kawat tempirai. “Harapannya dengan program pengadaan ini, masyarakat nelayan semakin produktif,” tambah Ali, menekankan pentingnya dukungan pemerintah dalam meningkatkan efisiensi dan hasil tangkapan para nelayan.

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, juga telah menunjukkan dedikasinya dalam mendukung sektor perikanan dengan rutin menyalurkan bantuan ke berbagai kecamatan di Kutai Kartanegara. Bantuan tersebut meliputi peralatan tangkap ikan, unit perahu fiber untuk Kelompok Usaha Bersama (KUB), mesin cas, dan distribusi jutaan Bibit Udang Windu untuk kelompok pembudidaya.

Rendi menjelaskan bahwa inisiatif ini merupakan bagian dari Program Dedikasi Kukar Idaman yang bertujuan untuk mendukung 25 ribu nelayan produktif. “Ini juga untuk menciptakan kemandirian bagi masyarakat, terlebih memang potensi perikanan kita juga cukup besar, sayang jika kita tidak maksimalkan,” ujar Rendi, menyoroti potensi besar yang dimiliki oleh sektor perikanan di Kukar.

Dia menambahkan, program bantuan ini diharapkan tidak hanya meningkatkan produktivitas nelayan tetapi juga memperkuat kemandirian mereka dalam menjalankan usaha perikanan.

“Rendi menegaskan bahwa serangkaian program bantuan ini akan terus berlanjut dan akan ada lebih banyak lagi dukungan yang diberikan oleh pemerintah daerah untuk memastikan masa depan yang lebih cerah bagi nelayan Kukar,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *