May 25, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Akselerasi UMKM dengan Program Pembinaan Wirausaha DiskopUKM Kukar

2 min read

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil, Menengah (DiskopUKM) Kabupaten Kutai Kartanegara punya program untuk meningkatkan kapasitas UMKM.

Infoalima.com, Tenggarong – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil, Menengah (DiskopUKM) Kabupaten Kutai Kartanegara telah menetapkan Pembinaan Wirausaha Baru sebagai program andalan dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Sekretaris DiskopUKM Kukar, Taufiq mengemukakan bahwa inisiatif ini dirancang untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas UMKM di daerah tersebut.

Program Pembinaan Wirausaha Baru ini merupakan bagian dari strategi DiskopUKM untuk memperkuat pemberdayaan ekonomi lokal dan memberikan dukungan komprehensif kepada pelaku usaha di Kukar. “Kegiatan dalam program ini mencakup pelatihan manajerial, pemasaran online, dan penyediaan akses permodalan, yang semuanya bertujuan untuk menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi UMKM,” ujar Taufiq pada Jumat (15/3/2024).

“Kami berharap program ini dapat memicu kreativitas dan membantu UMKM dalam proses produksi agar mereka dapat menjadi lebih mandiri,” imbuhnya.

Selain itu, DiskopUKM Kukar juga telah meluncurkan program Produksi Industri Rumah Tangga, yang meliputi pelatihan teknis dan pendampingan pemasaran. Program ini dirancang untuk membekali pelaku UMKM dengan pengetahuan tentang strategi manajemen bisnis, pemilihan bahan baku berkualitas, dan pengembangan desain produk yang kompetitif. Dalam rangka mendigitalisasi UMKM, DiskopUKM Kukar telah memfasilitasi pelatihan keterampilan digital dan pembinaan untuk memasuki E-katalog.

“Ini adalah langkah kami untuk membantu UMKM memanfaatkan potensi pasar online dan menjangkau pelanggan yang lebih luas,” tambah Taufiq.

Taufiq menegaskan, dengan serangkaian langkah progresif ini, DiskopUKM berupaya menciptakan ekosistem yang kondusif untuk pertumbuhan UMKM. Ke depannya, DiskopUKM berkomitmen untuk terus mengembangkan dan mengevaluasi program-program yang telah dijalankan, dengan tujuan mendukung keberlanjutan ekonomi lokal.

“Kami mengajak para pelaku usaha yang telah dibina untuk mengundang rekan-rekan mereka bergabung, dengan harapan dapat mengurangi angka kemiskinan di Kukar. Kami akan terus melakukan pengawasan dan evaluasi untuk memastikan efektivitas program ini,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *