May 22, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Gerakan Pangan Murah di Kutai Kartanegara, Upaya Proaktif Menghadapi Inflasi

2 min read

Kepala Disketapang Kukar, Sutikno menerangkan soal Gerakan Pangan Murah demi menekan inflasi.

Infoalima.com, Tenggarong – Dalam upaya proaktif menghadapi tantangan inflasi yang meningkat, Kabupaten Kutai Kartanegara meluncurkan kembali program strategis “Gerakan Pangan Murah”. Program ini, yang digagas oleh Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang), bertujuan untuk menstabilkan harga dan memastikan ketersediaan bahan pokok dengan harga terjangkau bagi masyarakat. Gerakan ini dijadwalkan akan berlangsung pada 19 Maret 2024, bertempat di area parkir Taman Eks Kawasan Tanjung, Kecamatan Tenggarong.

“Kami ingin menginformasikan kepada warga Kukar bahwa Pemerintah Kabupaten Kukar bersama Disketapang akan menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah,” ujar Kepala Disketapang Kutai Kartanegara, Sutikno pada Rabu (13/3/2024).

Kata dia, Ini merupakan langkah konkret yang diambil pemerintah daerah dalam mengendalikan inflasi melalui stabilisasi harga. Acara ini terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat, yang mana mereka dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membeli berbagai produk kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah. Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, dijadwalkan akan membuka Gerakan Pangan Murah ini secara resmi. “Produk-produk yang akan ditawarkan meliputi beras, minyak goreng, telur, cabai, tepung terigu, gula, dan berbagai produk lainnya yang esensial bagi kehidupan sehari-hari,” sebutnya.

Sebelumnya, Disketapang telah merencanakan pelaksanaan Gerakan Pangan Murah ini pada 9-10 Maret, menjelang bulan Ramadan. Namun, akibat kendala teknis, kegiatan ini terpaksa diundur menjadi 19 Maret. Diharapkan tidak ada hambatan lebih lanjut sehingga acara dapat berjalan sesuai rencana.

“Kami mengundang seluruh masyarakat untuk hadir dan memanfaatkan kesempatan ini,” imbuh Sutikno.

Sutikno menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam menurunkan tingkat inflasi. Berdasarkan data tahunan, inflasi di Kutai Kartanegara pada 2023 berhasil diturunkan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Gerakan Pangan Murah adalah salah satu inisiatif yang diharapkan dapat terus menekan angka inflasi, terutama menjelang bulan suci Ramadan dan perayaan Idulfitri, ketika permintaan terhadap bahan pangan biasanya meningkat.

Dengan adanya Gerakan Pangan Murah, diharapkan dapat memberikan solusi yang efektif bagi masyarakat untuk mendapatkan bahan pangan dengan harga yang wajar, sekaligus membantu pemerintah daerah dalam menjaga stabilitas harga di pasar.

“Inisiatif ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya ketahanan pangan dan mendukung upaya pemerintah dalam mencapai tujuan tersebut,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *