June 15, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Pengembangan SDM Pariwisata Kukar: Langkah Strategis Menuju Peningkatan Kunjungan Wisata

2 min read

Antoni Kusbiantoro, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Industri Pariwisata di Dispar Kukar

Infoalima.com, TENGGARONG – Memasuki tahun 2024, Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Kukar) telah menetapkan arah baru yang strategis dengan memfokuskan upaya pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor pariwisata. Inisiatif ini diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan industri pariwisata di kecamatan melalui serangkaian pelatihan dan sertifikasi yang dirancang untuk mengasah keahlian para pelaku pariwisata.

Antoni Kusbiantoro, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Industri Pariwisata di Dispar Kukar, pada hari Senin (4/3/2024) mengungkapkan rencana ambisius ini. Menurutnya, Dispar Kukar akan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM, termasuk penyelenggaraan event-event penting yang telah sukses di masa lalu seperti Peristiwa Merah Putih Sangasanga dan Festival Pesisir Samboja. Program ini juga akan mencakup pelatihan khusus untuk subsektor ekonomi kreatif (ekraf) yang menjadi andalan Kukar, meliputi bidang Kuliner, Seni Pertunjukan, Seni Kriya, Musik, Film, Fotografi, dan Animasi.

“Kami berencana menyelenggarakan workshop yang meliputi berbagai aspek, seperti desain produk, animasi, make-up artist (MUA), musik, kriya, fashion, dan tentunya fotografi. Untuk workshop fotografi, kami akan membuka pendaftaran pada bulan Juli dengan kapasitas terbatas untuk sekitar 20 peserta,” jelas Antoni.

Lebih lanjut, Antoni menambahkan bahwa ada rencana untuk pelatihan dan sertifikasi lain yang masih dalam tahap perencanaan dan menunggu penetapan nomenklatur resmi.

“Bupati menginginkan agar fokus kita tidak hanya terbatas pada penyelenggaraan event, tetapi juga pada peningkatan kualitas SDM. Kami berharap Kekraf dapat berperan aktif dalam mendukung dan memenuhi kebutuhan SDM yang kompeten di setiap kecamatan,” tuturnya.

Dengan rencana ini, Dispar Kukar menargetkan untuk dapat memfasilitasi event dan kunjungan wisata yang lebih terintegrasi, dengan tujuan ambisius untuk menarik sekitar 750 ribu pengunjung per tahun. Ini merupakan bagian dari upaya mereka untuk memperkuat industri pariwisata melalui pembinaan yang efektif.

“Kami yakin, dengan semakin banyaknya event yang kami selenggarakan, akan semakin banyak pula wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi Kukar,” pungkas Antoni dengan optimisme.

Dengan langkah-langkah yang telah direncanakan, Dispar Kukar berharap dapat menciptakan momentum baru dalam pengembangan pariwisata daerah, sekaligus memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan ekonomi lokal melalui sektor pariwisata yang lebih maju dan berkelanjutan.

(ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *