May 15, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Tempat Wisata Baru di Kukar, Visi Dispar untuk Mendatangkan Wisatawan

2 min read

Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadi Raharjo.

Infoalima.com, TENGGARONG – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kini punya banyak tempat wisata baru yang dibangun oleh pemerintah dan swasta. Tempat wisata ini tidak hanya menguntungkan pemilik dan pengelolanya, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat Kukar.

Salah satu dampak positifnya adalah meningkatnya minat wisatawan baik lokal maupun asing untuk berkunjung ke Kukar. Hal ini sesuai dengan salah satu visi Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, yaitu mendatangkan wisatawan ke daerah ini.

“Kehadiran tempat wisata baru ini tentu saja berhubungan dengan indeks kinerja utama kami di Dispar, yaitu mendatangkan wisatawan. Kami sangat mengapresiasi inisiatif pemerintah dan swasta yang membangun tempat wisata ini,” kata Kepala Dispar Kukar, Slamet hadiraharjo, Kamis (22/2/2024).

Slamet mengatakan, Dispar Kukar akan memberikan bimbingan dan pengembangan kepada pemilik dan pengelola tempat wisata agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, khususnya pelaku usaha.

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan bantuan setelah melakukan uji kelayakan terhadap objek wisata yang akan dibangun.

“Kami tidak akan langsung memberikan bantuan begitu saja, tetapi kami akan melihat terlebih dahulu apakah tempat wisata tersebut bisa bertahan atau tidak. Kami tidak mau ada tempat wisata yang hari ini dibuka, besok sudah tutup. Kami ingin melihat keseriusan mereka,” ujar Slamet.

Slamet menambahkan, Dispar Kukar akan membuka pintu bagi siapa saja yang ingin membangun tempat wisata di Kukar dan bersaing secara sehat. Apalagi, Kukar kini telah menjadi bagian Ibu Kota Negara sehingga tempat wisata sangat dibutuhkan.

“Tempat wisata di Kukar tidak hanya membuat wisatawan betah, tetapi juga meningkatkan perekonomian masyarakat. Kami harap, para pengelola tempat wisata bisa memberikan kontribusi lebih kepada pemerintah dan masyarakat,” pungkasnya. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *