May 24, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Wisata Kukar Tambah PAD Rp 600 Juta di 2024

1 min read

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Slamet Hadiraharjo.

Infoalima.com, TENGGARONG – Sektor pariwisata di Kutai Kartanegara (Kukar) berhasil mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada 2023 lalu. Tahun ini, target PAD dari wisata Kukar tambah Rp 600 juta menjadi Rp 2 miliar.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar Slamet Hadiraharjo. Menurutnya, pada 2023 lalu, PAD dari sektor pariwisata Kukar mencapai Rp 1,4 miliar. Angka itu sesuai dengan target yang ditetapkan.

“Alhamdulillah, target PAD tahun lalu tercapai. Ini berkat kerja keras seluruh pihak, khususnya pengelola wisata dan masyarakat yang mendukung pariwisata Kukar,” kata Slamet, Rabu (21/2/2024).

Slamet menjelaskan, PAD dari sektor pariwisata Kukar berasal dari lima obyek wisata yang dikelola oleh pemerintah daerah. Obyek wisata tersebut adalah Pantai Tanah Merah di Samboja, Pulau Kumala, Planetarium, Waduk Panji Sukarame, dan Tugu Equator Khatulistiwa di Marang Kayu.

“Dari kelima obyek wisata itu, yang paling besar menyumbang PAD adalah Pantai Tanah Merah. Wisata lainnya juga berkontribusi, tapi tidak sebesar Pantai Tanah Merah,” ujarnya.

Untuk tahun ini, Slamet optimis bisa mencapai target PAD sebesar Rp 2 miliar. Ia berharap, obyek wisata di Kukar bisa semakin maju dan berkembang, sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami terus berupaya meningkatkan daya tarik dan kenyamanan pengunjung. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengunjungi wisata Kukar. Semoga mereka bisa terhibur dan puas dengan wisata yang kami tawarkan,” ucapnya. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *