May 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Penyangga IKN, Deni : Kota Samarinda Perlu Tingkatkan SDM Dalam Aspek Pendidikan

1 min read

Sekretaris Komisi IV DPRD Samarinda, Deni Hakim Anwar.

Infoalima.com, Samarinda – Sekretaris Komisi IV DPRD Samarinda, Deni Hakim Anwar, menyebutkan bahwa Kota Samarinda memiliki peran strategis untuk menjadi kota penyanggah Ibu Kota Nusantara, khususnya dalam aspek pendidikan.

Sebab itu, dikatakannya, perlu adanya peningkatan sarana prasarana dan Sumber Daya Manusia (SDM) pendidik sebagai persiapan menghadapi tantangan era digitalisasi.

“Pemerintah Kota Samarinda harus lebih giat meningkatkan sarana prasarana pendidikan dan memperhatikan peningkatan SDM tenaga pendidik, untuk menghadapi perubahan zaman dan era digitalisasi,” ungkap Deni, Rabu (7/2/2024).

Deni menilai, tantangan di era digitalisasi tidak bisa di anggap remeh, mengingat dunia digitalisasi sudah merambah ke berbagai sektor. Untuk menghadapi perubahan zaman perlu dilakukan persiapan sejak dini.

“Saya lebih menitikberatkan pada peningkatan SDM manusianya untuk bekal kita. Dengan memiliki kemampuan yang mumpuni generasi penerus akan dapat bersaing, oleh karenanya Sertifikasi menjadi hal penting, dan Pemerintah Kota diharapkan bisa memfasilitasi untuk meningkatkan SDM,” jelasnya.

Politikus Gerindra itu, juga menekankan bahwa kebanyakan tenaga kerja lokal memiliki kemampuan, tetapi seringkali tidak ter akui atau tidak memiliki sertifikasi yang diakui secara resmi.

“Pemkot Samarinda diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan tren pendidikan yang terus berubah. Karena, fasilitasi dari pemerintah sangat diperlukan agar SDM yang ada dapat bersaing di pasar industri dengan lebih baik di masa depan,” tutup Deni. (ADV/DPRDSAMARINDA)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *