June 15, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Mempercepat Pembangunan Pedesaan

1 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya mempercepat pembangunan di kawasan pedesaan. Kepala DPMD Kukar, Arianto, menekankan bahwa konsultasi publik merupakan langkah esensial dalam rangkaian penyusunan rencana pembangunan pedesaan, sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi nomor 5 tahun 2016 yang telah diterapkan sejak 2017.

Arianto menginformasikan bahwa Kukar telah menginisiasi pembentukan tim koordinasi pembangunan kawasan pedesaan tingkat kabupaten dan telah berhasil menetapkan kawasan agrowisata bahari di Kecamatan Loa Kulu sebagai proyek andalan.

“Dari Bappeda, kami telah merencanakan untuk mengembangkan beberapa kawasan pembangunan pedesaan lainnya,” terang Arianto.

Hingga kini, enam kawasan pembangunan pedesaan telah terbentuk di Kukar, yang melibatkan berbagai kecamatan dan desa. Pembangunan ini bertujuan untuk mengembangkan agrowisata, pangan berkelanjutan, agroindustri, dan sektor-sektor lain yang relevan. Di tahun 2023, tiga kawasan telah berhasil dibentuk, dengan proses yang mencakup identifikasi lokasi, penyusunan matriks kegiatan, dan konsultasi publik.

Arianto menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua OPD dan para undangan yang telah berpartisipasi dalam proses pembangunan pedesaan ini.

“Kami berharap, dengan program-program yang telah kami implementasikan, akan terjadi peningkatan kualitas hidup serta status desa-desa di Kukar,” pungkas Arianto. (ADV/DPMD KUKAR)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *