June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Pulau Kumala: Waterboom Tahap Kedua, Harapan Baru untuk Pariwisata Kukar

2 min read

Ilustrasi Waterboom di Pulau Kumala

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tengah berupaya keras untuk meningkatkan daya tarik Pulau Kumala sebagai destinasi wisata andalan. Pembangunan Waterboom tahap kedua di pulau ini diharapkan akan menjadi titik balik yang signifikan, menjanjikan keseruan baru bagi pengunjung dan kontribusi positif terhadap pendapatan asli daerah (PAD).

Ridha Fatrianta, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Kukar, menyampaikan bahwa proyek ini merupakan bagian dari strategi pemerintah daerah untuk merevitalisasi Pulau Kumala.

“Kami bertekad untuk mengubah Pulau Kumala menjadi destinasi yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga menguntungkan bagi ekonomi lokal,” ujar Ridha, Senin (13/5/2024).

Pembangunan Waterboom yang telah memasuki tahap kedua ini akan menambahkan fitur kolam arus dan ombak yang dirancang untuk memberikan pengalaman berbeda bagi para pengunjung.

“Ini adalah langkah kami untuk memberikan nilai tambah pada Pulau Kumala, agar pengunjung tidak hanya datang sekali, tetapi kembali lagi dan lagi,” tambah Ridha.

Proses lelang untuk pembangunan Waterboom telah dimulai, dengan target penyelesaian pada akhir tahun 2024. Dari total lahan seluas 3,8 hektar, dua kolam telah dibangun dan dua kolam tambahan, yaitu kolam arus dan kolam ombak, dijadwalkan untuk selesai dalam tahun ini.

Selain Waterboom, Pulau Kumala juga akan dilengkapi dengan berbagai wahana baru yang ramah keluarga, seperti sepeda kayuh, sepeda listrik, dan mobil-mobilan yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan pulau sambil berkeliling.

“Kami ingin menciptakan Pulau Kumala sebagai destinasi wisata yang lengkap, di mana setiap pengunjung bisa mendapatkan pengalaman yang beragam dan menyenangkan,” pungkas Ridha.

Dengan pembangunan Waterboom tahap kedua ini, Pulau Kumala diharapkan akan semakin memantapkan posisinya sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi, menambah daftar panjang tempat-tempat menarik di Kukar yang siap memikat hati setiap wisatawan. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *