June 20, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Pembukaan Kembali Rekrutmen Pendekar Idaman oleh DPMD Kukar untuk Pemberdayaan Desa

2 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menggelar rekrutmen program Pendekar Idaman, sebagai langkah strategis dalam memperkuat struktur pendampingan di tingkat desa.

Arianto, Kepala DPMD Kukar, menyoroti pentingnya inisiatif ini setelah evaluasi tahunan yang dilaksanakan di akhir tahun 2023. Evaluasi tersebut menunjukkan kebutuhan mendesak akan penambahan jumlah petugas Pendekar Idaman di desa-desa, yang memotivasi pembukaan kembali rekrutmen di awal tahun 2024.

“Kami bertekad untuk memastikan bahwa setiap desa mendapatkan dukungan dari tenaga ahli yang memadai. Idealnya, setiap desa diharapkan memiliki empat pendamping, namun saat ini, ada desa yang hanya memiliki satu pendamping. Inilah yang mendorong kami untuk dengan semangat membuka kembali kesempatan bagi mereka yang ingin bergabung dengan program Pendekar Idaman,” terang Arianto.

Saat ini, terdapat sekitar 30 posisi yang masih terbuka. Proses pendaftaran telah dimulai, dan sejumlah kandidat telah menunjukkan minat mereka dengan mendaftar dan saat ini menunggu proses seleksi.

“Kami telah menyiapkan proses seleksi yang komprehensif, yang mencakup verifikasi administratif, wawancara, tes tertulis, dan tahapan seleksi lainnya, untuk memastikan bahwa hanya kandidat yang paling berkualitas yang akan kami rekrut,” jelas Arianto.

Pendekar Idaman memainkan peran penting dalam mendukung pemerintah desa. Mereka bertanggung jawab untuk mempercepat proses pembangunan, pemberdayaan masyarakat, serta pengelolaan administrasi pemerintahan desa secara efektif.

“Pendamping harus mampu merencanakan, melaksanakan, dan mempertanggungjawabkan program-program desa, yang mencakup aspek pembangunan dan pengelolaan keuangan,” papar Arianto.

Dengan harapan yang besar, Arianto mengungkapkan keinginannya agar para pendamping yang baru dapat berkolaborasi erat dengan pemerintah desa, kecamatan, dan kabupaten, untuk merealisasikan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dalam mencapai kemajuan yang berkelanjutan. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *