June 21, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kegiatan Lomba Posyandu DPMD Kukar Dorong Peningkatan Kesehatan Masyarakat

1 min read

DPMD Lakukan Penilaian Posyandu Balita Dahlia Desa Jembayan.

Infoalima.com, TENGGARONG – Sebagai bagian dari komitmen terhadap peningkatan kesehatan masyarakat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) telah menyelenggarakan lomba posyandu. Acara ini diadakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu, dan menitikberatkan pada penilaian serta pembinaan kader-kader posyandu.

Dalam acara tersebut, juga terdapat kegiatan penilaian lapangan yang dilaksanakan di Posyandu Balita Dahlia, Desa Jembayan. Asmi Riyandi Elvandar, yang menjabat sebagai Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Ekonomi Desa DPMD Kukar, menegaskan bahwa penilaian dan pembinaan kader posyandu sangatlah penting untuk membantu menurunkan angka kematian bayi dan anak balita serta mengatasi permasalahan stunting.

Elvandar menjelaskan bahwa posyandu memainkan peran krusial dalam pemantauan kesehatan dan perkembangan balita. Fungsi posyandu tidak hanya terbatas pada balita dan bayi, tetapi juga meluas ke program-program lain seperti untuk ibu hamil, ibu menyusui, pasangan usia subur, remaja, dan lansia.

Menurut Elvandar, posyandu adalah garda terdepan dalam masyarakat dan menjadi salah satu sumber daya yang akurat karena interaksinya yang langsung dengan masyarakat. “Penilaian ini diharapkan dapat memotivasi para kader posyandu untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan mereka kepada masyarakat,” ujar Elvandar.

Dia juga mengatakan bahwa posyandu merupakan garda terdepan di Masyarakat dan juga merupakan Salah satu sumber daya yang akurat karena bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Dengan adanya penilaian ini bisa memacu kader-kader posyandu untuk lebih baik lagi dalam melayani masyarakat,” ucapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Tp PKK Kecamatan Loa kulu Siti Rahmah Ardiansyah, perwakilan Tp PKK Kabupaten, perwakilan Dinkes dan Tim Gugus Tugas Kukar Idaman. (ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *