June 22, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kukar Torehkan Rekor Penerbitan Sertifikat Tanah di Kaltim

2 min read

Bupati Edi saat menyerahkan sertifikat tanah kepada warga di Maluhu beberapa waktu lalu.

Infoalima.com, Tenggarong – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mencatatkan diri sebagai wilayah dengan jumlah penerbitan sertifikat tanah terbanyak di Kalimantan Timur pada tahun 2023. Kepala ATR/BPN Kukar, Aag Nugraha, menyatakan bahwa daerahnya telah menerbitkan 27.873 sertifikat bidang, sebuah angka yang menggambarkan komitmen Kukar dalam mempercepat proses pendaftaran tanah.

Aag Nugraha menyerahkan 747 bidang sertifikat kepada warga Kelurahan Maluhu, Kecamatan Tenggarong Dalam acara penyerahan sertifikat yang berlangsung di Sasana Krida Bhakti.

“Kami mengajak para Lurah yang warganya belum menerima sertifikat untuk segera berkoordinasi dengan kami,” ujar Nugraha belum lama ini.

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, yang turut serta dalam acara tersebut, menekankan bahwa program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) adalah upaya pemerintah daerah dalam memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum atas hak tanah masyarakat.

“Program PTSL ini merupakan kunci bagi percepatan pemberian kepastian hukum atas tanah,” jelas Edi Damansyah.

Edi Damansyah juga mengapresiasi partisipasi masyarakat, Kelurahan, dan BPN/ATR Kukar yang telah berkolaborasi sehingga program PTSL dapat berjalan dengan lancar. “Kami berharap sertifikat yang telah diterbitkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, baik sebagai agunan maupun untuk memperkuat akses ekonomi,” tambahnya.

Pemkab Kukar juga menunjukkan dukungan terhadap program PTSL melalui penyuluhan dan sosialisasi kepada aparat desa. Ini merupakan langkah konkret Pemkab Kukar dalam memastikan seluruh tanah di wilayahnya terdaftar dan memiliki sertifikat yang sah.

Di akhir acara, Bupati Edi Damansyah menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam pelaksanaan program PTSL. “Terima kasih kepada BPN/ATR, Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang, Camat, Lurah, dan Ketua RT yang telah berkontribusi dalam kesuksesan program ini,” tutup Edi Damansyah. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *