June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kukar Ikuti TTG di Samarinda, 6000 Paving Blok Langsung Dipesan Wakil Walikota Samarinda

2 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto

Infoalima.com, Tenggarong – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) menorehkan prestasi gemilang dalam Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kalimantan Timur di Hotel Puri Senyiur Samarinda. Salah satu produk unggulan Kukar, paving blok, berhasil menarik perhatian Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi, yang langsung memesan 6.000 buah paving blok.

“Tadi ada yang memesan langsung dari Wakil Walikota Samarinda, Pak Rusmadi, sebanyak 6.000 paving blok,” ungkap Kepala DPMD Kukar, Arianto, pada Rabu (24/4/2024).

Paving blok Kukar ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan produk serupa di pasaran. Harganya lebih terjangkau, berkisar antara Rp5.000 hingga Rp10.000 per satuan. Daya tahannya pun lebih tinggi, bahkan lebih kuat dibandingkan dengan batako. Paving blok Kukar juga menawarkan estetika yang lebih tinggi dan dapat digunakan untuk mempercantik rumah maupun perkantoran.

“Paving blok ini bisa dipesan di Desa Suka Maju, Kecamatan Tenggarong Seberang,” kata Arianto.

Selain paving blok, Kukar juga memiliki produk TTG unggulan lainnya, yaitu alat pengipil jagung dan pupuk organik. Alat pengipil jagung ini masih digunakan di Desa Tenggarong Seberang dan belum dipublikasikan secara luas. Arianto berharap melalui TTG ini, alat pengipil jagung Kukar dapat dikenal lebih luas dan menarik minat para pembeli.

Pupuk organik Kukar terbuat dari bahan-bahan ramah lingkungan, seperti limbah rumah tangga, limbah ikan, sayur mayor, dan telur. Pupuk ini dapat menghasilkan dua jenis pupuk, yaitu padat dan cair. Proses pembuatannya pun mudah dan hanya membutuhkan waktu 20 hari fermentasi. Pupuk organik Kukar ini dibuat di Desa Manunggal Jaya.

DPMD Kukar terus berkomitmen untuk mengembangkan dan mempromosikan produk-produk TTG unggulannya. Pada tahun 2023, mereka telah melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada para pelaku TTG di Kukar. Mereka juga mengundang pemateri dari Universitas IPB Bogor untuk memberikan pelatihan-pelatihan materi pengembangan TTG. Pada tahun ini, DPMD Kukar juga berencana untuk memberikan pelatihan kepada para pelaku yang aktif dalam pengembangan TTG.

“Kami berharap produk-produk TTG Kukar ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan membantu meningkatkan ekonomi lokal,” ujarnya.

Ini menjadi bukti nyata komitmen DPMD Kukar dalam mengembangkan potensi desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi tepat guna. (ADV/DPMD KUKAR)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *