June 15, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kukar Berinovasi dan Berpartisipasi dalam Gelar TTG Tingkat Provinsi Kaltim

1 min read

Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Infoalima.com, Tenggarong – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menunjukkan komitmennya dalam pengembangan teknologi tepat guna (TTG) dengan mengirimkan 3 produk terbaiknya ke Gelar TTG Tingkat Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda. Rabu (24/4/2024).

Produk-produk tersebut antara lain :

• Alat pembuat pupuk organik cair dan pupuk organik limbah dari Desa Manunggal Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang.
• Mesin pembuat paving blok dari Desa Suka Maju Kecamatan Tenggarong Seberang.
• Alat pengipil jagung miniatur dari Desa Buana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang.

Salah satu produk unggulan Kukar yang menarik perhatian adalah alat pengipil jagung miniatur hasil modifikasi dari Desa Buana Jaya. Alat ini diciptakan atas dasar kekecewaan petani terhadap alat pengipil jagung pabrikan yang tidak efektif dan menghasilkan biji jagung yang masih tercampur dengan sisa limbah.

“Petani tersebut kemudian berinisiatif untuk mempelajari cara kerja alat pengipil jagung pabrikan. Dengan tekad dan keuletan, dia akhirnya berhasil menemukan cara untuk memodifikasi alat tersebut sehingga menjadi lebih efektif dan efisien,” jelas Kepala DPMD Kukar, Arianto.

Arianto berharap produk-produk TTG Kukar ini dapat bermanfaat bagi para petani dan pemerintah daerah lainnya di Kaltim, serta dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, dan menjaga kelestarian lingkungan.

“Mudah-mudahan TTG ini bisa diterima oleh para petani ataupun pemerintah daerah yang lain bisa memesan dari produsen TTG di kita,” ujarnya.

Lomba TTG ini menjadi ajang bagi daerah-daerah di Kaltim untuk memamerkan inovasi dan teknologi tepat guna yang mereka kembangkan. TTG diharapkan dapat membantu mewujudkan pembangunan daerah yang berkelanjutan. (ADV/DPMD KUKAR)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *