June 13, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Jam Bentong Tenggarong: Simbol Kebanggaan yang Berubah Wajah

1 min read

Jam Bentong Kutai Kartanegara

Infoalima.com, TENGGARONG – Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara (Kukar) menggebrak dengan rencana kreatifnya mengubah Jam Bentong menjadi Museum Digital. Berada di lokasi yang tak asing lagi, di antara Menara Tuah Himba dan Jembatan Kukar, Jam Bentong siap menempuh perjalanan baru sebagai pusat informasi pariwisata yang lebih canggih dan modern.

Jam Bentong, yang terletak di Jalan Wolter Monginsidi No.16, Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kukar, selama ini dikenal sebagai ikon Kota Tenggarong dan pusat informasi pariwisata serta kebudayaan. Kini, dengan sentuhan digital, Jam Bentong akan bertransformasi menjadi museum yang menyajikan informasi menarik tentang Kukar secara interaktif.

Triyatma, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kukar, pada Selasa (23/4/2024), mengungkapkan bahwa rencana ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkaya pengalaman wisatawan.

“Kami akan memanfaatkan ruang di bawah jembatan sebagai Museum Jembatan, yang akan menceritakan sejarah dan peristiwa penting jembatan di Kukar, termasuk yang pernah mengalami keruntuhan,” terang Triyatma.

Inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat lokal. Jam Bentong, yang telah menjadi tempat favorit warga untuk berkumpul dan beraktivitas, akan semakin menarik dengan adanya Museum Digital dan Museum Jembatan.

“Dengan transformasi ini, kami berambisi untuk mengembangkan potensi pariwisata Kukar dan memperkuat posisinya sebagai destinasi wisata unggulan di Kalimantan Timur,” pungkas Triyatma.

Langkah ini diharapkan akan membawa Jam Bentong menjadi lebih dari sekadar simbol, namun juga menjadi sumber inspirasi dan pembelajaran bagi semua orang.

(ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *