June 15, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Swasembada Pangan Tenggarong Seberang, Langkah Menuju Kemandirian

1 min read

Ilustrasi potret lahan pertanian di Kukar

Infoalima.com, Tenggarong – Tenggarong Seberang, kecamatan yang berada di pinggir Sungai Mahakam, sedang berusaha keras menjadi pusat swasembada pangan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Dengan fokus pada pengembangan pertanian, khususnya tanaman padi, kecamatan ini bertekad untuk memanfaatkan potensi yang ada demi mencapai tujuan ambisius tersebut.

Tego Yuwono, Camat Tenggarong Seberang, menekankan perlunya strategi distribusi air yang efektif untuk mendukung lahan pertanian yang subur. “Kami menghadapi tantangan dalam ketergantungan pada irigasi alami dan mencari solusi berkelanjutan untuk independensi pangan,” kata Tego pada Jumat (19/4/2024).

Dalam rangka mencapai tujuan swasembada pangan, Tego Yuwono menyebutkan bahwa telah terjadi kerjasama dengan Dinas Pertanian dan Dinas Pekerjaan Umum Kukar. “Kami sedang mempertimbangkan solusi teknis, termasuk instalasi mesin pompa air dan infrastruktur pipa, untuk memastikan pasokan air yang konsisten untuk pertanian,” jelasnya.

Inisiatif ini bertujuan tidak hanya untuk kebutuhan lokal, tetapi juga untuk mendukung produksi pangan di area lain. “Kami berambisi menjadikan Tenggarong Seberang sebagai contoh pencapaian swasembada pangan,” tambah Tego.

Dengan rencana pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di wilayah ini, komitmen Kabupaten Kukar untuk berperan aktif dalam swasembada pangan nasional semakin kuat. “Kami berharap inisiatif ini akan berkontribusi besar terhadap ketahanan pangan di masa yang akan datang,” tutup Tego. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *