June 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Jalan Penghubung Umaq Dian-Muara Kecamatan Tabang Pedohon Segera Rampung

2 min read

Camat Tabang, Rakhmadani Hidayat

Infoalima.com, Tenggarong – Kecamatan Tabang di Kutai Kartanegara menetapkan target ambisius untuk menyelesaikan pembangunan jalan utama yang menghubungkan Desa Umaq Dian dan Desa Muara Pedohon pada tahun ini. Camat Tabang, Rakhmadani Hidayat, mengumumkan bahwa proyek pembetonan jalan sepanjang 1 km dari Muara Pendohon menuju Desa Umaq Dian, yang telah dianggarkan untuk tahun 2024, akan dimulai dalam waktu dekat.

“Kami akan mengusulkan bagian yang tersisa dalam anggaran perubahan,” ujar Rakhmadani pada Jumat (19/4/2024).

Dia menekankan bahwa jalan ini tidak hanya sekedar penghubung, tetapi juga arteri kehidupan kecamatan yang mendukung perdagangan dan mobilitas penduduk. Saat ini, kondisi jalan masih berupa soil cement, namun dengan anggaran tahun 2024 atau melalui anggaran perubahan, diharapkan pembetonan dapat diselesaikan pada tahun yang sama.

Jalan utama ini memiliki panjang total 33 km, dimana sebagian telah dibeton dan sisanya masih dalam kondisi soil cement. Kecamatan Tabang terus berupaya mengajukan permohonan kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) untuk meningkatkan bagian jalan yang masih berupa soil cement menjadi beton. Ini merupakan langkah penting, terutama mengingat kondisi tanah di wilayah tersebut yang labil dan rentan terhadap kerusakan jalan.

“Peningkatan infrastruktur ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” tambah Rakhmadani.

Dengan pembaruan ini, aksesibilitas antar desa diharapkan akan meningkat, membuka peluang lebih luas bagi perdagangan dan pertukaran budaya antar warga. Proyek ini adalah salah satu dari banyak inisiatif yang dilakukan oleh Kecamatan Tabang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dengan dukungan penuh dari Pemkab Kukar, semua rencana ini diharapkan dapat terlaksana dengan lancar dan membawa dampak positif bagi seluruh penduduk Kecamatan Tabang. Inisiatif ini juga menandai komitmen berkelanjutan dari pemerintah daerah dalam memajukan infrastruktur dan memperkuat fondasi ekonomi lokal. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *