May 20, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Andi Harun Dorong Inovasi Keuangan untuk Meningkatkan Kesejahteraan di Samarinda

2 min read

Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Infoalima.com, Samarinda – Langkah progresif Wali Kota Samarinda, Andi Harun, untuk mendorong inovasi keuangan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan di kota tersebut mendapat perhatian. Dalam sebuah rapat koordinasi yang diadakan baru-baru ini, evaluasi terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2023 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menjadi titik fokus. Pertemuan ini menjadi panggung bagi diskusi tentang penggunaan rekomendasi BPK sebagai landasan untuk perubahan positif.

“Kami menekankan pentingnya tanggapan yang cepat dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terhadap rekomendasi BPK, dengan waktu penyelesaian yang telah ditentukan,” ungkap Andi Harun dalam pertemuan di Balai Kota Samarinda pada Selasa (17/4/2024).

Andi Harun menegaskan bahwa langkah ini bukan semata-mata respons terhadap hasil audit negatif, tetapi sebagai bagian dari strategi untuk memperkenalkan praktik keuangan yang lebih efisien dan berkelanjutan di tingkat lokal.

Selain itu, Wali Kota menyatakan bahwa penerapan transparansi keuangan akan menjadi pilar utama dalam upaya untuk memajukan kesejahteraan di Samarinda. Dia memandang pemeliharaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK sebagai cerminan komitmen untuk membangun fondasi keuangan yang kuat.

“Kami berkomitmen untuk menjaga opini WTP guna menegaskan keseriusan kami dalam menciptakan sistem keuangan yang transparan dan akuntabel di Samarinda,” tegasnya.

Andi Harun juga menyoroti urgensi untuk mematuhi regulasi dan standar akuntansi pemerintah sebagai kunci untuk menggerakkan perubahan yang berkelanjutan dalam pelayanan publik. Baginya, inovasi keuangan tidak hanya tentang efisiensi anggaran, tetapi juga tentang penggunaan sumber daya yang lebih bijaksana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah Kota Samarinda berkomitmen untuk terus berinovasi dalam pengelolaan keuangan guna mencapai visi kota yang lebih makmur dan inklusif bagi semua warganya. (Yah/Adv/DiskominfoSamarinda)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *