May 24, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Andi Harun Gagas Proposal Bankeu untuk Mendorong Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi di Samarinda

2 min read

Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Infoalima.com, Samarinda – Pemerintah Kota Samarinda terus menggalakkan upaya pembangunan melalui perencanaan proposal Bantuan Keuangan (Bankeu) yang akan diajukan kepada pemerintah provinsi. Proposal ini diharapkan menjadi instrumen penting dalam menyusun APBD Perubahan Tahun 2024 dan APBD Tahun 2025 di Provinsi Kalimantan Timur.

Wali Kota Samarinda, Andi Harun, telah memberikan arahan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk menyusun proposal ini dengan cermat dan detail, dengan batas waktu penyelesaian hanya dua hari.

“Tim kami diberi waktu dua hari untuk menyelesaikan tugas ini. Saya telah memerintahkan TAPD untuk merangkum semua usulan prioritas,” ungkap Andi Harun pada Rabu, (17/4/2024).

Tugas utama TAPD adalah memastikan bahwa setiap proyek yang diusulkan bersifat mendesak dan akan memberikan dampak positif yang besar bagi warga Samarinda.

Menurut Andi Harun, fokus utama dari proposal pembangunan ini adalah penanganan masalah banjir dan peningkatan kualitas infrastruktur. Mengingat kondisi Samarinda yang rentan terhadap banjir, langkah-langkah untuk mengatasi hal ini menjadi sangat penting.

Proposal tersebut meliputi rencana pembangunan infrastruktur pertanian dan peningkatan akses ke pelabuhan untuk mendukung distribusi barang dan jasa. Selain itu, ada pula inisiatif strategis yang diusulkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan mengurangi tingkat kemiskinan.

“Kami mengusulkan serangkaian program yang akan mendukung ekonomi lokal, termasuk penyegaran pasar tradisional, pengembangan sektor ekonomi kreatif, dan pembangunan fasilitas yang akan mendorong aktivitas ekonomi,” jelasnya.

Rapat ini menjadi langkah awal dalam proses perencanaan anggaran yang bertujuan untuk mendukung pembangunan dan kemajuan masyarakat Samarinda. Andi Harun berharap agar usulan yang telah disusun akan mendapatkan perhatian serius dari pemerintah provinsi untuk mendukung pembangunan di Samarinda.

“Kami optimis bahwa pembangunan infrastruktur ini akan memberikan kontribusi besar pada peningkatan ekonomi masyarakat. Kami juga memperhitungkan isu-isu strategis nasional, termasuk upaya pengentasan kemiskinan,” tambahnya.

Langkah-langkah ini diharapkan akan memberikan manfaat yang signifikan bagi warga Samarinda dan memperkuat posisi kota sebagai pusat pertumbuhan di wilayah Kalimantan Timur. (Yah/Adv/DiskominfoSamarinda)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *