June 17, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kukar Berinovasi: Sektor Pariwisata Digenjot, PAD Berpotensi Melonjak

1 min read

M Ridha Fatrianta, Kepala Bidang Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispar) Kukar

Infoalima.com, TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tidak tinggal diam dalam upaya memajukan sektor pariwisata. Berbagai destinasi wisata andalan tengah dikembangkan, sebuah langkah yang diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan dan berkontribusi pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

M Ridha Fatrianta, Kepala Bidang Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispar) Kukar, mengungkapkan bahwa pengembangan destinasi wisata menjadi salah satu prioritas utama.

“Kami fokus pada destinasi seperti Waduk Panji Sukarame, Planetarium Tenggarong, Pulau Kumala, kawasan rekreasi Temanggungan, Monumen Tugu Equator, dan Pantai Tanah Merah,” terang Ridha, Senin (9/4/2024).

Menurut Ridha, setiap destinasi memiliki keistimewaan yang dapat menarik minat wisatawan.

“Waduk Panji Sukarame terkenal dengan keindahan alamnya, sementara Planetarium Tenggarong menawarkan pengalaman edukatif dengan teknologi terkini. Pulau Kumala, Temanggungan, dan Pantai Tanah Merah juga memiliki daya tarik tersendiri,” imbuhnya.

Dari destinasi yang telah ditetapkan, beberapa di antaranya telah memberikan kontribusi positif terhadap pendapatan daerah.

“Ini membuktikan potensi pariwisata Kukar yang besar,” ujar Ridha.

Ia menambahkan bahwa promosi intensif juga dilakukan untuk memperkenalkan keindahan Kukar kepada dunia. Langkah pengembangan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan menciptakan peluang kerja baru bagi masyarakat setempat.

“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor pariwisata dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal,” tutup Ridha.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan, pemerintah Kukar optimis bahwa sektor pariwisata akan menjadi salah satu pilar penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan menampilkan Kukar sebagai destinasi wisata yang kaya akan nilai budaya dan alam. (ADV/Dispar Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *