June 14, 2024

InfoAlima

Portal berita online

Kisah Desa Loh Sumber Tenggarong dan Semangat Senin Peduli Pendidikan

2 min read

Sukirno, Kepala Desa Loh Sumber

Infoalima.com, Tenggarong – Desa Loh Sumber, yang berada di Kecamatan Loa Kulu, tengah mengukir sejarah dengan program “Senin Peduli Bersama Pendidikan”. Program yang telah berjalan selama setahun ini telah menjadi sorotan dan mendapat sambutan hangat dari lembaga pendidikan serta para pelajar. Inisiatif ini merupakan langkah nyata dari pemerintah desa untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memotivasi generasi muda.

Sukirno, Kepala Desa Loh Sumber, menjelaskan bahwa program ini dirancang untuk memberikan motivasi, edukasi, dan semangat kepada sekolah-sekolah di desa. Mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP), program ini diharapkan dapat melahirkan generasi penerus yang cerdas, tangguh, dan berdedikasi.

“Kami berharap program ini dapat menjadi inspirasi bagi pemerintah di tingkat kabupaten dan kecamatan,” ujar Sukirno pada Selasa (26/3/2024). Program ini tidak hanya fokus pada aspek akademis, tetapi juga pada pembentukan karakter dan kecintaan terhadap proses belajar.

Salah satu kegiatan dalam program ini adalah memberikan kesempatan kepada pelajar untuk berkunjung ke Kantor Desa. Kunjungan ini bertujuan agar siswa-siswi dapat memahami lebih dalam tentang struktur dan tata cara kerja pemerintahan desa. Ini adalah upaya untuk menanamkan rasa tanggung jawab dan cinta terhadap pemerintahan desa di hati para siswa.

“Program Senin Peduli Bersama Pendidikan juga diikuti dengan pemberian beasiswa bagi pelajar berprestasi di tingkat SD dan SMP,” sebutnya.

Kata dia, ini merupakan bentuk apresiasi terhadap prestasi yang telah diraih, sekaligus menjadi motivasi bagi siswa lain untuk terus berprestasi. Menurut Sukirno, keberhasilan program ini tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi aktif masyarakat.

“Program Senin Peduli Bersama Pendidikan telah menjadi bukti komitmen Desa Loh Sumber dalam memajukan Pendidikan,” tegasnya.

Melalui inisiatif ini, desa tidak hanya ingin mencetak generasi yang berilmu, tetapi juga generasi yang memiliki kepedulian sosial dan tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar. Ini adalah langkah awal menuju transformasi Desa Loh Sumber menjadi desa yang tidak hanya maju secara infrastruktur, tetapi juga maju dalam sumber daya manusianya.

“Dengan berbagai program ini, saya berharap dapat membangun generasi yang gemilang dan cerdas, serta mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa,” tutupnya dengan penuh harapan. (ADV/Diskominfo Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *