May 19, 2024

InfoAlima

Portal berita online

DPMD Kukar Dampingi Aswaja Gelar Pengajian dan Berikan Bantuan Sembako di Anggana

2 min read

Maslianawati Edi Damansyah, Ketua Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Kutai Kartanegara.

Infoalima.com, Tenggarong – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kutai Kartanegara (Kukar) mendampingi Majelis taklim Aswaja Kukar mengadakan Aswaja Peduli dan Pengajian Aswaja yang digelar pada Jumat (22/3/2024) di Masjid Baiturrahim Desa Sungai Meriam Kecamatan Anggana.

Kegiatan ini dihadiri oleh Maslianawati Edi Damansyah, Ketua Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Kutai Kartanegara yang juga merupakan pembina Majelis Ahlus-Sunnah wal-Jama’ah (Aswaja) Kukar serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penyerahan bantuan sembako kepada 20 warga prasejahtera, 10 paket untuk anak-anak stunting, dan 6 paket dari BAZNAS. Selain itu, juga dibagikan santunan bagi para janda dan 15 sarung.

Kepala DPMD Kukar, Arianto mendukung program dari Aswaja Kukar yang sudah peduli memberikan bantuan kepada masyarakat Kecamatan Anggana.

“Saya apresiasi dan dukung kegiatan positif seperti memberikan bantuan kepada masyarakat dan saya berharap bantuan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Pengajian diisi oleh Ustadz H. Supriyanto, salah satu pembina Aswaja Kabupaten Kutai Kartanegara. Dalam sambutannya, Maslianawati berterima kasih atas kehadiran masyarakat Anggana dan beberapa majelis taklim yang hadir untuk memakmurkan masjid.

“Pengajian ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi pengurus Aswaja Kabupaten kepada ke kecamatan Anggana,” kata Maslianawati.

Ia menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Aswaja kepada masyarakat, khususnya masyarakat prasejahtera. “Ini memang kecil sekali nilainya, tapi lihatlah bentuk kepeduliannya,” imbuhnya.

Menurut Maslianawati, ini merupakan kegiatan Aswaja tahun ke-4. Kegiatan tersebut bukan hanya pengajian dan pemberian sembako, tetapi nantinya Aswaja akan melaksanakan program sunatan masal.

“Nanti yang akan memilih pihak kecamatan dan diutamakan bagi masyarakat prasejahtera. Kegiatan sunatan ini gratis dan pulang akan dapat bingkisan,” jelas Maslianawati.

Ia juga menghimbau kepada majelis taklim yang hadir untuk segera menyiapkan diri untuk mengikuti perlombaan Habsi pada bulan Muharram nanti yang akan diakhiri dengan Tablik Akbar di Pendopo Odah Etam. “Untuk setiap kecamatan masing-masing bisa mengirimkan 2 regu untuk mengikuti perlombaan tersebut,” imbuhnya.

Selain itu, Maslianawati menjelaskan bahwa nantinya akan dilaksanakan pelatihan Fardu kifayah untuk remaja/SLTA. “Tak perlu takut pekerjaan nya diambil, tapi nantinya para pemandi jenazah akan menjadi pelatih bagi para remaja untuk menjadi penerus,” imbuhnya.

(ADV/DPMD Kukar)

Print Friendly, PDF & Email
Share Now

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *